𝗣𝗲𝗿𝗱𝗮𝗻𝗮 𝗚𝗲𝗹𝗮𝗿 𝗣𝗮𝗺𝗲𝗿𝗮𝗻, 𝗦𝗮𝗹𝗶𝗿𝗮 𝗦𝗲𝗻𝗶 𝗧𝗮𝗺𝗽𝗶𝗹𝗸𝗮𝗻 𝟰𝟲 𝗞𝗮𝗿𝘆𝗮 𝗚𝗲𝗻𝗲𝗿𝗮𝘀𝗶 𝗧𝗲𝗿𝗸𝗶𝗻𝗶

Lingkar Studi Pers, Bogor – Komunitas Salira Seni Bogor menggelar pameran perdananya bertajuk "Pameran Salira Karya Generasi Terkini (Pasar Kaget)" selama dua hari, pada Sabtu-Minggu, 9-10 September 2023, di Bogor Creative Center.  

 

 

Pameran yang diikuti sebelas seniman asal Bogor ini menampilkan 46 karya terdiri dari lukisan dan tulisan berupa puisi. Tak hanya pameran, kegiatan ini juga berkolaborasi dengan komunitas Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang membuka stand dan turut serta menjual produknya.


Seorang seniman karya seni rupa biasa disebut dengan perupa, berikut sebelas nama panggung perupa dalam pameran ini : Fadly, Dimasalampau, Ajaian Jaigurinjai, Dendys, Cehong, Monjak, Piqree, Seynee, Yaya, Vaaldie, Aisya Ega. Hasil karya seni rupa yang ditampilkan guna memperluas jangkauan publik bahwa seni lukis bisa dinikmati oleh berbagai kalangan.

 

Mengusung tema “Perspektif Umum”, Ketua Pelaksana, Al D`pras Priyawan menuturkan, dunia seni yang masih dianggap eksklusif dan segmented di kalangan masyarakat menjadi salah satu alasan yang memprakarsai digelarnya pameran.   

 

“Lewat pameran ini, tujuannya kita ingin mengenalkan karya seni agar karya seni terutama seni lukis diterima di kalangan masyarakat luas dan bukan hal yang dianggap segmented lagi, dalam artian bukan hanya untuk kalangan yang suka seni saja,” jelas laki-laki yang akrab disapa Alde. 

 

Tak hanya itu, sambung Alde, pameran perdana yang terdiri dari beragam jenis tema pada karya yang ditampilkan, sebagai bentuk apresiasi terhadap seniman muda bogor yang pertama kali terlibat dalam pameran. Selain itu, mengajak pengunjung untuk memaknai seni lukisan yang dilihat sesuai dengan perspektif masing-masing.  

 

Siti Nuraini, Salah satu pengunjung sekaligus pegiat seni menyebut, karya yang ditampilkan menarik dan memberi beragam cara pandang.  

 

“Karya-karya yang dipamerkan bagus, menarik, dan hasil lukisanya luar biasa. Sebagai pegiat seni, saya jadi termotivasi untuk terus membuat karya agar bisa dinikmat orang lain nantinya,” ujarnya.


Sebagai informasi, Salira Seni merupakan komunitas yang bergerak di bidang seni dan literasi di Bogor yang didirikan pada tanggal 22 Januari 2023. Salira Seni juga menggeluti beberapa bidang yang terdiri dari seni rupa, musik dan sastra.


(Zulfa/Yuli/Jawi)

Posting Komentar

0 Komentar