𝗕𝗮𝗻𝘁𝘂 𝗨𝗠𝗞𝗠, 𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗞𝗞𝗡 𝗙𝗶𝘀𝗶𝗽𝗸𝗼𝗺 𝗨𝗻𝗶𝘃𝗲𝗿𝘀𝗶𝘁𝗮𝘀 𝗗𝗷𝘂𝗮𝗻𝗱𝗮 𝗕𝗼𝗴𝗼𝗿 𝗟𝗮𝗸𝘂𝗸𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗻𝗱𝗮𝗺𝗽𝗶𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗺𝗯𝘂𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗡𝗜𝗕


Lingkar Studi Pers, Bogor (24/8) - Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda Bogor (UNIDA) melakukan pendampingan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) di Kampung Lengo, Desa Sukahati, Kecamatan Citeureup pada, Sabtu (18/08/2023).

Pendampingan pembuatan NIB bertujuan untuk membantu kepemilikan legalitas usaha bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pasalnya, banyak pelaku UMKM di Desa Sukahati yang belum memiliki Nomor Identittas Berusaha.


Kegiatan tersebut mendapat antusias yang luar biasa dari pelaku UMKM.


Findi Aprianto selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan, dalam pembuatan NIB diperlukannya beberapa proses persiapan dan memiliki beberapa tahapan.


"Proses nya tentu harus mempersiapkan persyaratan yang diperlukan seperti KTP, e-mail aktif, nomor telepon, dan NPWP jika ada. Lalu, untuk proses pembuatannya pun sekitar 10 menit dan pembuatan NIB ini dilakukan secara bertahap yaitu selama dua hari karena sambil menunggu peserta lain untuk mendaftar. Pada hari jum'at dan sabtu melakukan pendaftaran akun setelah itu di hari minggu penyerahan akun OSS serta penyerahan dokumen NIB nya", ungkapnya.


Selama proses, terdapat kendala yang dihadapi berupa NIK yang teridentifikasi telah terdaftar pada Online Single Submission namun kendala tersebut dapat diatasi dengan mendaftarakan NIK anggota keluarga lain. 


Salah satu peserta merasa bahwa dalam pendampingan pembuatan NIB sangat penting karena kedepannya dikhawatirkan sudah memakai Standar Nasional Indonesia (SNI).


"Terkait pelaksanaan pendampingan pembuatan NIB sangat mempermudah dan membantu sekali pelaku UMKM, apalagi untuk para pengrajin yang waktunya sangat terbatas", ujar Rusli Tamara.


(Silvia Hendrika Putri)

Posting Komentar

0 Komentar