𝗦𝗮𝗺𝗯𝘂𝘁 𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗕𝗮𝗿𝘂, 𝗨𝗡𝗜𝗗𝗔 𝗚𝗲𝗹𝗮𝗿 𝗣𝗞𝗞𝗠𝗕 𝟮𝟬𝟮𝟯 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗧𝗮𝗻𝗮𝗺𝗸𝗮𝗻 𝗞𝗮𝗿𝗮𝗸𝘁𝗲𝗿 𝟮𝟭 𝗕𝗲𝗿𝘁𝗮𝘂𝗵𝗶𝗱

Lingkar Studi Pers, Bogor (11/9) — Universitas Djuanda (UNIDA) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 dengan tema "Kaderisasi 21 karakter bertauhid menuju UNIDA unggul" pada Senin (11/09) di Aula lantai 5 gedung EF UNIDA. 


Rendi Ramdani, ketua pelaksana PKKMB 2023 menyebut, terdapat 469 mahasiswa baru yang hadir pada kegiatan ini. 


PPKMB 2023 dilaksanakan selama tiga hari. Mulai Senin - Rabu, 11 - 13 September dan dilanjutkan kuliah perdana pada Sabtu, 16 September. 


"Kami pastikan PKKMB akan dilaksanakan secara suka ria, tidak ada kekerasan secara fisik maupun psikis," jelasnya. 


Mohamad Ali Fulazzaky, selaku Rektor UNIDA dalam sambutannya menuturkan, kemampuan harus dibarengi dengan sifat amanah dan jujur. Melihat ini, UNIDA akan berperan dalam memberikan pemahaman yang rasional dan keimanan di dalam perkuliahan. 


"Kami ingin melatih kalian semua, yang melatih kalian tentunya sudah dikenal baik dikenal secara lokal, nasional maupun internasional dalam membimbing kalian di UNIDA sehingga 21 Karakter Bertauhid akan diimplementasikan oleh mahasiswa," tuturnya. 


Pada kesempatan yang sama, Martin Roestami selaku pemateri pertama sekaligus Chancellor UNIDA memaparkan visi kampus dengan ciri khas bertauhid ini yakni menjadi kampus riset yang bertauhid dan diakui dunia. 


Dalam mencapai visi ini, sambung Martin, UNIDA menerapkan melalui misi pancadarma yang meliputi local wisdom, national wisdom, spiritual wisdom dan global wisdom.


"Nama Universitas Djunda diangkat dari nama Ir. H. Raden Djunda Kartawidjaja yang bermaksud ingin melahirkan Djuanda-Djuanda muda," ungkapnya. 


Rocky Gerung hadir sebagai pemateri kedua dengan materi mengenai modal dasar generasi intelektual yang mesti sehat nalar, sehat badan  dan sehat jiwa.  Menurutnya, bernalar artinya memastikan bahwa susunan pikiran bisa membuka dan dibahas oleh orang lain. 


"Nalar ialah undangan untuk bertengkar, bertengkar mengggunakan argumen bukan sentimen," tegasnya. 


Materi ketiga tentang menjadi mahasiswa berkarakter, berprestasi dan berakhlakul karimah disampaikan oleh Uman Suherman. Dalam penyampaian materi, Uman banyak mengambil contoh dari kehidupan sehari-hari mahasiswa baru sehingga menimbulkan antusias yang tinggi.


Salah satu peserta PKKMB, Firda, mengungkapkan perasaanya setelah mengikuti kegiatan hari pertama. 


"Kegiatan pada PKKMB hari pertama ini sangat menyenangkan namun ada rasa bosannya, karena saya belum memiliki teman akrab saat kegiatan PKKMB berlangsung. Tetapi sejauh ini saya senang mendapatkan ilmu yang baru dan pastinya wawasan yang luas," tandasnya.


Reporter: Silvia/Raisa/Marsinah

Editor: Siti Zulfa Fauziah

Posting Komentar

0 Komentar