𝗣𝗖 𝗨𝗡𝗜𝗗𝗔 𝗚𝗲𝗹𝗮𝗿 𝗣𝗮𝗺𝗲𝗿𝗮𝗻 𝗙𝗼𝘁𝗼𝗴𝗿𝗮𝗳𝗶 𝗪𝗼𝗻𝗱𝗲𝗿𝗳𝘂𝗹 𝗜𝗻𝗱𝗼𝗻𝗲𝘀𝗶𝗮, 𝗨𝘀𝘂𝗻𝗴 𝗞𝗲𝗸𝗮𝘆𝗮𝗮𝗻 𝗕𝘂𝗱𝗮𝘆𝗮 𝗝𝗮𝘄𝗮 𝗕𝗮𝗿𝗮𝘁


𝗟𝗶𝗻𝗴𝗸𝗮𝗿 𝗦𝘁𝘂𝗱𝗶 𝗣𝗲𝗿𝘀, 𝗕𝗼𝗴𝗼𝗿 (𝟭𝟭/𝟭𝟬) — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pelukis Cahaya (PC) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, menggelar pameran fotografi bertema Wonderful Indonesia, mengusung judul "West Java Culture". Pameran digelar selama dua hari, pada Sabtu-Minggu, 9-10 Oktober, di Kaffe Kopi Klan, Bogor. 


Desi Hasbiyah, selaku pembina UKM PC, membuka pameran tersebut. Dalam sambutannya ia memaparkan, sebuah foto tidak hanya mengandalkan kemampuan visual saja.


"Dalam sebuah foto, tidak bisa mengandalkan visual saja. Namun juga, harus melalui kemampuan imajinasi kita dalam mencipta makna yang terdapat dalam visual foto tersebut," tuturnya.


Muhammad Ripjan selaku ketua pelaksana menuturkan, tema Wonderful Indonesia menggambarkan keindahan yang ada di Indonesia. Sedangkan judul "West Java Culture" bercerita mengenai keindahan budaya Jawa Barat. 


"Di dalam 'West Java Culture' ini, terkandung makna keindahan alam, keindahan suku, dan keindahan budayanya. Kami mengambil poin sebagai fokus dari pameran ini, yaitu Jawa Barat," jelas Ripjan. 


Terdapat 20 karya foto dari 10 pameris yang dipamerkan. Karya yang dipamerkan sudah melalui kurasi yang dikuratori oleh Awaludin Arief. 


Didominasi oleh anak muda, salah satu pengunjung pameran, Muhammad Supriatno, memberikan tanggapannya. 


"Ada salah satu karya yang bukan hanya bagus saja, tetapi memberikan wawasan juga, yaitu foto makanan lotek yang diambil dari kata low tech (rendahnya teknologi). Penasaran antara kaitan nama dengan maknanya," ucapnya


(KH/SM) 

Posting Komentar

0 Komentar