𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗞𝗞𝗡 𝗙𝗜𝗦𝗜𝗣𝗞𝗢𝗠 𝗨𝗡𝗜𝗗𝗔 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝘂𝘀𝗸𝗲𝘀𝗺𝗮𝘀 𝗖𝗶𝘁𝗮𝗽𝗲𝗻 𝗕𝗲𝗿𝘀𝗮𝘁𝘂 𝗖𝗲𝗴𝗮𝗵 𝗦𝘁𝘂𝗻𝘁𝗶𝗻𝗴 𝗺𝗲𝗹𝗮𝗹𝘂𝗶 𝗠𝗶𝗻𝗶 𝗟𝗼𝗸𝗮𝗸𝗮𝗿𝘆𝗮 𝗣𝗼𝘀𝘆𝗮𝗻𝗱𝘂

 


Lingkar Studi Pers, Bogor (4/8) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Unibersitas Djuanda (UNIDA) bersama tim Puskesmas Citapen Desa Cibedug mengadakan Mini Lokakarya Posyandu dan Sosialisasi Peningkatan Keterampilan Komunikasi dalam Penyampaian Informasi Kesehatan Posyandu Desa Cibedug, dengan fokus pencegahan stunting. Kegiatan ini dihadiri bidan Puskesmas Citapen, Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) wilayah RW 04 Desa Cibedug dan mahasiswa KKN-T FISIPKOM UNIDA.

Siti dan Mawar selaku bidan di Puskesmas Citapen memberikan edukasi penting tentang pengisian buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) serta upaya pencegahan stunting pada balita.

"Buku KIA adalah hal yang sangat penting dan menjadi peran krusial bagi kader-kader Posyandu Desa Cibedug. Tahapannya meliputi pengisian identitas, pengukuran balita, pemeriksaan ibu hamil, dan berbagai langkah lainnya. Semua tahapan ini sangat krusial, karena kesalahan dalam mengukur tinggi badan dan berat badan balita dapat menunjukkan potensi Stunting," tegas Siti.

Dalam kegiatan ini diumumkan juga tentang Bulan Penimbangan Balita (BPB) bulan Agustus, yang akan dialihkan dan dilaksanakan pada bulan Oktober. Keputusan ini diambil mengingat adanya rencana pelaksanaan SKI (Survei Kesehatan Indonesia) pada bulan Agustus mendatang. BPB sendiri merupakan waktu untuk menyuntikkan vitamin A kepada bayi dan balita.

Kegiatan Sosialisasi ini berperan penting dalam mengedukasi para kader Desa Cibedug RW 04 mengenai pencegahan Stunting. Para kader mendapatkan informasi dan pembekalan mengenai pengisian buku KIA dengan benar, termasuk langkah-langkah mengukur tinggi badan anak dan pemeriksaan ibu hamil.

Tidak hanya itu, Mahasiswa KKN-T Fisipkom Unida juga berperan aktif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dalam penyampaian informasi kesehatan di Posyandu Desa Cibedug. Mereka memberikan pelatihan kepada para kader Posyandu agar mampu menyampaikan informasi kesehatan secara jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat.

Dengan adanya Mini Lokakarya Posyandu dan Sosialisasi Peningkatan Keterampilan Komunikasi ini, diharapkan kader-kader Posyandu Desa Cibedug RW 04 dapat  berperan lebih aktif dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kesehatan anak dan pencegahan stunting. Upaya kolaboratif antara Mahasiswa KKN-T FISIPKOM UNIDA dan Puskesmas Citapen dalam memberikan edukasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi kesehatan generasi muda di Desa Cibedug. (*) 


Editor: Lisda

Posting Komentar

0 Komentar