"𝗚𝗲𝘁 𝗧𝗵𝗲 𝗟𝗶𝗻𝗲" 𝗠𝗮𝗸𝗻𝗮 𝗨𝗻𝗶𝗸 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗠𝗲𝗺𝗶𝗹𝗶𝗸𝗶 𝗔𝗿𝘁𝗶 𝗠𝗼𝘁𝗶𝘃𝗮𝘀𝗶

 

Lingkar Studi Pers, Bogor (20/04) — Mahasiswa Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor angkatan 2020 menggelar webinar Enterpreneurship, pada Sabtu (15/04), pukul 13.00 WIB, melalui zoom.

Mengusung tema "Get The Line, Get Ready to be an Entrepreneur", Ketua pelaksana, Dedy Ardiansyah Ramadhan menuturkan, tema yang diusung memiliki makna orang-orang yang siap memasuki barisan untuk mulai berwirausaha. 

"Acara ini bertujuan agar masyarakat sadar, untuk menjadi pengusaha selain berusaha, perlu juga ilmu pengetahuan," ujarnya. 

Dimoderatori oleh Jawi Fadilah dan Lisda selaku mahasiswa Sains Komunikasi, webinar ini menghadirkan empat narasumber salah satunya yakni Octen Suhadi, Founder and Presiden Director Panca Agri Group.

Ia menyampaikan materi bertema "Menekuni Bidang Bisnis yang Beragam". Terdapat empat faktor yang memberikan kontribusi keberhasilan usaha, di antaranya finansial (10%), keahlian bidang usaha (20%),  net working (30%), dan soft skill (40%).

Selain Octen, Pimpinan Jimmy Hantu Foundation, yakni Sujimim, turut hadir sebagai pemateri. Ia menyampaikan, inovasi menjadi hal yang penting dalam berbisnis.

Selain itu, Abdul Rahman selaku Pengusaha Kuliner dan Digital Marketer, menyampaikan empat hal yang harus dilakukan sebelum memulai digital marketing, yakni customer segmen (menentukan konsumen), produk/jasa (memahami manfaat, keunggulan, kelemahan, dan fitur dari usaha), value proposition (keunggulan bisnis dari kompetitor), dan chanel (media yang digunakan untuk mempromosikan). 

Pada kesempatan yang sama, Desi Hasbiyah selaku Dosen Sains Komunikasi menyampaikan Entrepeneur dalam perspektif komunikasi. 

"Ada empat poin atau disebut dengan Four of Good yakni, Good Will (nilai yang baik), Good Moral Character (karakter moral yang baik), Good Sense (akal yang sehat), dan Good Skill (keterampilan yang baik)," paparnya. 

Usai webinar, Yunita, salah satu peserta menyampaikan tanggapannya. "Jadi tau gimana cara berbisnis dan berusaha baik dan tepat dari pengalaman para pemateri yang keren, dan membah motivasi dalam diri untuk berbisnis juga," pungkasnya.


(Fitri/Ruli)

Posting Komentar

0 Komentar