𝗠𝗲𝗻𝗷𝗮𝘄𝗮𝗯 𝗞𝗲𝗯𝗶𝗻𝗴𝘂𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗦𝗲𝗽𝘂𝘁𝗮𝗿 𝗗𝘂𝗻𝗶𝗮 𝗝𝘂𝗿𝗻𝗮𝗹𝗶𝘀𝘁𝗶𝗸, 𝗠𝗮𝗿𝗶𝗮 𝗙𝗶𝘁𝗿𝗶𝗮𝗵 𝗕𝗮𝗴𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗧𝗶𝗽𝘀 𝗝𝗮𝗱𝗶 𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗝𝘂𝗿𝗻𝗮𝗹𝗶𝘀𝘁𝗶𝗸

Foto : Dokumentasi Istimewa

𝗟𝗶𝗻𝗴𝗸𝗮𝗿 𝗦𝘁𝘂𝗱𝗶 𝗣𝗲𝗿𝘀, 𝗕𝗼𝗴𝗼𝗿 (𝟭𝟵/𝟱) - Kajian jurnalistik bertema, "Menjawab Kebingungan Mahasiswa Seputar Dunia Jurnalistik" diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sains Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Djuanda (UNIDA). Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung C UNIDA, Rabu (18/5).


Dosen Sains Komunikasi, Maria Fitriah, menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Ia membagikan tips-tips menjadi mahasiswa jurnalistik.


Maria menyebut 8 tips yang dapat dilakukan mahasiswa jurnalistik, yakni siap di bawah tekanan, siap dengan tekanan tugas deadline, tidak 'bawa perasaan', pantang menyerah, memiliki kepekaan yang tinggi, dan tahan malu. Ia juga memberikan materi mengenai bahasa jurnalistik.


"Intinya mahasiswa jurnalistik yang seperti jurnalis profesional adalah mahasiswa yang harus siap di bawah tekanan, dalam artian siap diberikan tugas-tugas ketika perkuliahan sehingga harus terbiasa dengan deadline yang gila-gilaan," tutur Maria.


Ia menjelaskan, mahasiswa jurnalistik itu pantang menyerah dalam mengulik fakta, sehingga bisa mendapatkan data akurat.


Tak hanya itu, ia juga memaparkan konsekuensi seorang jurnalis. "Setiap kerjaan itu memiliki konsekuensi, tapi konsekuensi seorang jurnalis adalah kecepatan, tanggung jawab, tidak suka menunda dan bermalas-malasan, 𝘶𝘱 𝘵𝘰 𝘥𝘢𝘵𝘦 terhadap isu nasional dan global serta kreatif," pungkasnya. (N/Z)
 

Posting Komentar

0 Komentar