Peringati Hari Pahlawan, UNIDA Gelar Perlombaan Tingkat Nasional


Lingkar Studi Pers, Bogor (10/11) - Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan perlombaan tingkat nasional yang bertajuk, "Pahlawanku Inspirasiku". Perlombaan dilaksanakan pukul 09.00 WIB di lingkungan UNIDA.


Acara ini yakni instruksi dari Person In Charge (PIC) Biro Humas yang berkolaborasi dengan Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Pendidikan dan Pembelajaran, Direktorat Promosi, serta bagian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).


Faisal Tri Ramdani selaku ketua pelaksana menyebut, tujuan diselenggarakan lomba ini bukan hanya untuk memperingati hari pahlawan, tetapi juga untuk menyambut para mahasiswa PMM yang memiliki slogan Bertukar Sementara Bermakna Selamanya. "Melalui perlombaan ini, mereka bukan hanya belajar tetapi juga berkompetisi dalam sifat apresiasi seni," tutur Faisal.


Terdapat 5 cabang perlombaan yang diselenggarakan, yaitu lomba cerdas cermat, baca puisi dengan cosplay pahlawan, menyanyikan lagu nasional dan lagu daerah, vlog diary UNIDA ku, dan stand festival kebudayaan nusantara.


Sayangnya, cabang lomba stand festival nusantara ditiadakan. Faisal menyampaikan, karena kurangnya partisipan yang mendaftar.


Berbagai alasan dan motivasi dari para mahasiswa untuk mengikuti lomba, turut dilontarkan oleh beberapa peserta. "Bukan hanya ingin berpartisipasi, tetapi saya juga ingin berkontribusi dalam memperingati hari pahlawan," ucap Ibnu Aziz, mahasiswa Nusa Cendana Kupang.


Alasan lain pun dilontarkan oleh M. Reno Ramadhan mahasiswa Universitas Asahan, "Selain berkontribusi, alasan saya mengikuti lomba ini agar bisa berbaur dan bergaul dengan mahasiswa UNIDA." ujarnya.


Lomba cerdas cermat dimenangkan oleh mahasiswa PMM kolaborasi antara Universitas Asahan, Universitas Nusa Cendana Kupang, dan Universitas Jambi. Lomba membaca puisi diraih oleh Haswin, mahasiswa Universitas Haluoleo. Pemenang lomba menyanyikan lagu Nasional dan daerah dimenangkan oleh Monika, mahasiswa UNIDA. Adapun lomba vlog, akan diumumkan pada 1 Desember 2021 melalui akun Instagram @unidabogor.


Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Ristika Handarini, Wakil Rektor 3 Himmatul Miftah, serta diikuti oleh mahasiswa dari beberapa Universitas diberbagai provinsi, termasuk diikuti oleh Universitas Djuanda dan mahasiswa dari program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).


"Harapan diselenggarakan lomba, yang pertama kita bisa menyalurkan apresiasi minat dan bakat melalui lomba ini. Kedua, menanamkan sifat kompetitif agar kita bisa bersaing secara sehat. Ketiga, tentunya kita memaknai hari pahlawan ini dengan berkarya bersama dan yang terakhir menyambut mahasiswa PMM," pungkas ketua pelaksana.

(Ocha/zulfa)

Posting Komentar

0 Komentar