Peduli Kesehatan Psikologis, KSR UNIDA Adakan Webinar

Lingkar Studi Pers, Bogor (19/06) - Korps Suka Rela (KSR) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, mengadakan Webinar dengan tema, "Dampak Psikologi Kekerasan Seksual dan Bullying Terhadap Prestasi Akademik." Webinar ini dilaksanakan secara virtual melalui _zoom_, pada pukul 07.45 WIB.


Webinar ini salah satu dari, rangkaian Program Kerja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka Rela (KSR). 


Melinda Kusuma, Ketua UKM KSR menyampaikan, "Mengadakan acara dengan tema ini karena, kita melihat di sekitar kita atau di linimasa kasus kekerasan seksual dan _bullying_ sangat banyak. Biasanya yang menyebabkan korban putus asa dengan hidupnya karena, mereka takut berbicara dan merasa semuanya tidak bisa dipercayai atau bahkan semakin membuat korban terpuruk," ujarnya.


Acara ini dihadiri oleh dua narasumber, yang pertama Dr. Rita Rahmawati M.Si selaku Direktur Pascasarjana Universitas Djuanda Bogor. Ia memaparkan mengenai perilaku pelecehan seksual. Terdapat lima bentuk pelecehan seksual yaitu pelecehan gender, perilaku menggoda, penyuapan seksual, pemaksaan seksual, pelanggaran atau penyerangan seksual. 


Narasumber kedua, Firza Salsabila S.Psi, alumni Psikologi Universitas Negeri Jakarta. Ia menyampaikan mengenai trauma dan _Psycological First Aid_. Trauma adalah kondisi psikologis yang dialami seseorang akibat adanya suatu peristiwa. Terdapat tiga peristiwa penyebab trauma, yaitu peristiwa tersebut dialami pertama kali, peristiwa berulang, dan peristiwa disepelekan.


"Trauma itu bersifat subjektif, maka dari itu trauma muncul dalam waktu jangka panjang dan trauma tergantung bagaimana seseorang memandang peristiwa tersebut," ujarnya.


Melinda juga menuturkan, "Materi yang disampaikan oleh pemateri sangat penting untuk menambah pengetahuan jika kita menghadapi korban ataupun menjadi korban pada kekerasan atau _bullying_ yang terjadi." (Uswah/Yuyu)

 

Posting Komentar

0 Komentar