5 Tips Menghadapi Ujian Online, Agar Kamu Makin Semangat

Lingkar Studi Pers, Bogor (19/06) – Pandemi Covid-19 saat ini belum juga berakhir. Semua kegiatan masih dilakukan secara online. Tak terkecuali dengan dunia pendidikan. Banyak lembaga pendidikan yang masih memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


Maka dari itu, segala kegiatan belajar dan mengajar pun dilakukan secara online. Terkadang, rasa malas muncul dalam melakukan kegiatan secara online. Dalam menghadapi ujian online rasa malas tersebut perlu dihindari. Berikut ini, 5 tips menghadapi ujian online yang bisa kamu lakukan. Simak penjelasannya di bawah ini!


1. Atur Jadwal Ujian Online

Dua hari sebelum ujian online dimulai, kamu harus sudah mengatur jadwal ujianmu. Buatlah catatan kecil yang ditempelkan di dinding atau cermin di kamarmu. Hal ini bertujuan untuk mengingatkanmu agar tidak lupa.


Catatan tersebut bisa kamu buat semenarik mungkin, dengan ditambah hiasan sesuai keinginanmu. Hal ini akan menambah semangatmu dalam menghadapi ujian.


2. Bangun Pagi Tepat Waktu

Menurut penelitian, seseorang yang bangun tidur lebih pagi akan meningkatkan aura positif pada dirinya. Kebiasaan bangun pagi, sangat ampuh untuk kamu yang sedang menghadapi ujian karena, akan membuatmu lebih fokus mengisi soal ujian.


3. Persiapkan Tempat yang Nyaman

Ujian online tentunya kamu akan menatap layar ponsel atau laptop selama berjam-jam. Biasanya, akan membuatmu menjadi bosan atau tidak fokus. Untuk itu, penting untuk mempersiapkan tempat yang nyaman versi dirimu sendiri.


Kamu bisa mengatur posisi tempat duduk saat mengerjakan soal, pilih posisi tempat duduk yang terkena sinar matahari pagi. Jangan lupa, pilih tempat dengan sinyal dan jaringan yang stabil.


4. Sediakan Cemilan Kesukaan

Saat melaksanakan ujian, terkadang membuat perut lapar. Hal ini akan membuat fokus berkurang. Maka dari itu, kamu bisa menyediakan cemilan favoritmu ditambah dengan minuman kesukaanmu.


5. Putar Lagu Kesukaan

Bagi kamu yang menyukai musik, memutar lagu sebelum ujian dimulai bisa membangkitkan semangat. Menurut penelitian, musik bisa meningkatkan daya konsentrasi baik dalam bekerja atau belajar. 


Mendengarkan lagu dengan penyanyi favorit, akan mengurangi tingkat stres dalam menghadapi ujian. Pilihlah genre lagu yang bernada semangat sehingga, akan meningkatkan mood dalam menghadapi ujian.

(Nd)

Posting Komentar

0 Komentar