Kebun Teh Kaligua, Wisata Alam di Brebes



Ingin melepas kepenatan setelah bekerja, atau ingin sekedar berwisata bersama keluarga sambil merasakan sensasi kesegaran alam. Objek Wisata Kebun Teh Kaligua bisa menjadi pilihan berlibur kala weekend atau bahkan liburan. 

Layaknya permadani yang terhampar luas,  kebun teh yang berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah ini nampak asri dan serba hijau.  Selain pemandangan alam yang indah dan berhawa sejuk juga terdapat spot foto yg menarik untuk dicoba.

Wisata Kebun Teh Kaligua ini Merupakan salah satu perkebunan teh peninggalan penjajahan kolonial Belanda yang masih ada hingga kini, didirikan pada tahun 1889 oleh Cultur Onderneming dari Belanda. Saat ini kebun Teh Kaligua diolah oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa tengah.

Lokasinya 20 kilometer sebelah timur Bumiayu atau 15 km dari pertigaan Kaligua. Kawasan ini memiliki ketinggian bervariasi antara 1.500 mdpl sampai 2.000 mdpl dan bersuhu antara empat sampai 20 derajat celcius.

Di samping menikmati indahnya kawasan kebun teh terdapat juga pabrik teh, wisatawan juga berkesempatan melihat dari dekat proses pembuatan teh hitam khas Kaligua.

Ada beberapa obyek wisata lain di kawasan kebun teh ini yang bisa dikunjungi. Ada Goa Jepang, Goa Barat dan Tuk Bening, selain itu sebelum memasuki kawasan Wisata Kaligua ini juga anda akan melewati Telaga Renjeng anda dapat berfoto, memberi makan ikan, atau sekedar beristirahat di sekitar kawasan tersebut. 

Bagi anda yg berlibur dengan keluarga ada juga penginapan berupa vila-vila di kawasan perkebunan. Harga yang dipatok untuk tamu menginap bervariasi tergantung jenis vilanya.

Harga tiket masuk untuk kawasan Objek Wisata Kaligua ini 20 ribu rupiah/orang, dan untuk anak anak tidak dipungut biaya sama sekali. Sedangkan untuk menikmati pemandangan Telaga Renjeng kalian tidak perlu khawatir karena gratis.

"Selalu seneng dengan nuansa dataran tinggi dengan kabutnya dan hawa adem sejuknya, pemandangan kebun tehnya juga bagus luas,masuk gua jepang juga sangat mengedukasi, banyak patung reka adegan zaman penjajahan jepang dulu yg merupakan tempat bagi para tahanan", tutur Riski selaku pengunjung (10/06)

"Kita juga bisa beli oleh oleh khasnya, teh hitam kaligua", pungkasnya. 

Posting Komentar

0 Komentar