Grand Final Inovasi Bisnis 2019


Bogor - Grand Final Kompetisi Inovasi Bisnis (IB) mahasiswa Universitas Djuanda (Unida) Bogor kembali terselenggara pada Selasa (26/02/2019). Dengan antusiasme yang luar biasa kompetisi ini tidak hanya diikuti para mahasiswa saja namun banyak juga dari tingkat SMA sederajat.

Ajang tahunan Unida ini, bertujuan untuk mewadahi mahasiswa dalam mengembangkan ide kreatif untuk berwirausaha. Tahun ini sebanyak 12 team berhasil melewati babak penyeleksian, namun 1 team mengundurkan diri. Sementara itu, dari kalangan SMA sederajat terdapat 6 team, yang saling bersaing.
Pemenang Inovasi Bisnis pun diumumkan. Team yang bernama Berbaju.com berhasil meraih juara 1 Inovasi Bisnis tahun ini. Team tersebut terdiri dari empat orang yakni Linda Iqomatul Marsus dari FKIP, Siti Patimah Indriyani, Nurhaini Syifa dan  Eva Tiyana.

Siti Patimah Indriyani salah satu anggota team berbaju.com menuturkan, inovasi yang dibuat kelompoknya yaitu jasa jahit online.
“Bisnis ini Bisnis Online pertama di Indonesia dengan menawarkan jasa jahit konvensional dengan sistem bisnis sosiopreneur bukan keuntungan yang dijadikan tujuan utama usaha ini tetapi bisnis ini diperuntukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat", ujarnya.

Ide produk yang dikirim dalam kompetisi Inovasi Bisnis ini bermula ketika diadakannya sarasehan santri di mana saat itu dimulainya pembuatan kelompok Teman Santri (TS) untuk menciptakan sebuah usaha yang berpeluang, hingga pada akhirnya tercetuslah sebuah ide untuk membuat bisnis jasa jahit online.

Patimah pun menceritakan hambatan-hambatan yang dialami seperti hambatan pada dana.
“Untuk bisnis ini memerlukan Dana yang cukup tinggi dan membutuhkan banyak Investor. Adapun sasaran dalam penjualan produk ini yaitu masyarakat Bogor terutama di sekitar UNIDA sebagai pusatnya”, ucap Patimah.

Patimah pun berharap agar usahanya dapat berjalan dengan baik.
“Target kedepannya semoga usaha ini berjalan dengan baik dan terealisasikan dengan baik juga. Dan Harapannya adalah memajukan perekonomian masyarakat di sekitar terlebih masyarakat Indonesia”, pungkasnya. (Vera)


Posting Komentar

0 Komentar