KSR Unida Gelar Seminar Deteksi Dini Kanker Serviks


Bogor - KSR Universitas Djuanda bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia menyelenggarakan seminar  kesehatan yang bertemakan 'Kenali Diri, Deteksi Dini Kanker Serviks karena Perempuan begitu Berharga' pada hari Sabtu (23/02/2019). Acara yang mengahadirkan dokter spesialis kanker yaitu dr. Ajeng Normala, Sp, O, G. selaku pembicara tersebut di adakan di Gedung C Universitas Djuanda (Unida) Bogor.

Dalam menyampaikan materinya Ajeng memaparkan faktor penyebab terjadinya kanker serviks, diantaranya yaiu pernikahan dini, seks diluar nikah, pasangan seksual ganda, serta kebiasaan merokok. Tak hanya itu ia mengajak para peserta untuk mencegah kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh kebanyakan kaum hawa, yaitu dengan menggunakan vaksin. 

Kalimat motivasi pun turut terucap darinya untuk para peserta yang didominasi oleh perempuan.
"Generasi mudalah yang akan melanjutkan bangsa. Jangan ragu untuk memeriksa kesehatan sendiri, sayangi diri sendiri sebelum orang lain", ucapnya.

Tak hanya seorang dokter sepesialis kanser serviks saja yang dihadirkan. Narasumber yang pernah terkena kanker serviks pun turut dihadirkan guna membagi pengalaman sekaligus motivasi untuk para generasi muda agar terus menjaga kesehatan. 

RR. Endang Sri Rejeki H, merupakan pengidap kanker serviks yang tengah menjalankan proses pemulihan. Ia menceritakan tentang bagaimana saat pertama kali di diagnosis menderita kanker hingga harus menjalani camo terapi untuk mengobati penyakitnya tersebut.
peserta dari tiap organisasi mahasiswa yang didominasi perempuan ini berlangsung dengan lancar setelah dibuka oleh pembina ksr universitaa djuanda. 

Sementara itu ketua pelaksana yakni Anisya Widyanada menyampaikan harapannya agar seminar tersebut dapat mengedukasi peserta. 
"Acara ini diadakan untuk mengedukasi dan memperingati hari kanker serviks, karena di indonesia ini banyak yang terkena kanker serviks, saya rasa anak muda itu harus tau, karena jangka waktu penyakit ini ketahuannya nanti", ujarnya

"Selain mendapatkan edukasi peserta diharapkan dapat membagi ilmu yang didapat dari acara ini kepada orang lain karena kanker serviks dapat dicegah dan dapat dideteksi sedini mungkin", pungkasnya. (Sahrul/Elsa/LSP)

Posting Komentar

0 Komentar