𝗕𝗲𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗖𝗲𝗻𝗱𝗶𝗸𝗶𝗮𝘄𝗮𝗻 𝗠𝘂𝗱𝗮, 𝗥𝗼𝗰𝗸𝘆 𝗚𝗲𝗿𝘂𝗻𝗴 𝗔𝗷𝗮𝗸 𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗕𝗮𝗿𝘂 𝗨𝗡𝗜𝗗𝗔 𝗕𝗲𝗿𝗽𝗶𝗸𝗶𝗿 𝗞𝗿𝗶𝘁𝗶𝘀 𝗱𝗮𝗻 𝗕𝗲𝗿𝘄𝗮𝘄𝗮𝘀𝗮𝗻 𝗟𝘂𝗮𝘀


 

Lingkar Studi Pers, Bogor (11/09) – Universitas Djuanda (UNIDA) menghadirkan Rocky Gerung, pengamat Politik sekaligus ahli filsafat pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa (PPKMB) Hari Pertama, Senin (11/9) di Lantai 5 Gedung EF. Hal ini bertujuan agar mahasiswa baru dapat memahami pentingnya memiliki jiwa intelektual di dunia kampus. 

Aal Lukmaul Hakim, selaku moderator sekaligus Wakil Rektor I, memimpin jalannya pemaparan materi kedua di kegiatan PKKMB UNIDA 2023 hari pertama.

"Sengaja hari ini kita undang Bapak Rokcy Gerung, mengantar sesuatu kepada anda berupa dunia lain. Sebelum anda menjadi mahasiswa, kedudukan kalian di pantau oleh orang tua. Tetapi ketika anda jadi mahasiswa anda sudah menentukan sendiri," ujarnya. 

Pria yang lebih akrab disapa Bung Rocky ini menyampaikan modal dasar generasi intelektual adalah sehat nalar, sehat badan, dan sehat jiwa. Hal ini disampaikan sebagai upaya membangun kesadaran mahasiswa baru agar tidak bersikap apatis terhadap masalah yang sedang dihadapi oleh bangsa ini.  

"Salah satu indikator intelektualitas adalah dapat memahami pengertian dan manfaat dari suatu hal," paparnya. 

Kemudian ia juga menuturkan, nalar adalah kemampuan untuk membuktikan argumen yang biasa disebut sebagai pembuktian metodologis. 

"Nalar selalu berhubungan dengan kemampuan dialektis. Jadi tugas mahasiswa adalah mencari kesalahan di argumennya,” imbuhnya. 

Diwarnai antusiasme dari peserta. Nurma, mahasiswa baru dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) memberikan tanggapannya.

“Luar biasa, biasanya ketemu Bung Rocky di TV tapi sekarang bisa bertatapan langsung dan saya bisa bertanya langsung kepada beliau," ujarnya. 


Penulis: Denta/Yuli/Fatimah

Editor: Lisda

Posting Komentar

0 Komentar