𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗙𝗜𝗦𝗜𝗣𝗞𝗢𝗠 𝗨𝗻𝗶𝗱𝗮 𝗧𝗶𝗻𝗴𝗸𝗮𝘁𝗸𝗮𝗻 𝗞𝗲𝗺𝗮𝗺𝗽𝘂𝗮𝗻 𝗨𝗠𝗞𝗠 𝗠𝗲𝗹𝗮𝗹𝘂𝗶 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘁𝗶𝗵𝗮𝗻 𝗗𝗲𝘀𝗮𝗶𝗻 𝗚𝗿𝗮𝗳𝗶𝘀



Lingkar Study Pers, Bogor (8/8) - Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Desa Sumur Batu Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor dari Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (Unida) mengadakan Pelatihan  Desain Grafis untuk Meningkatkan Kemampuan promosi di media sosial UMKM  , pada Sabtu (05/08/2023) di Aula Kantor Desa Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. 

Pelatihan yang diikuti oleh pelaku UMKM, Organisasi Kepemudaan (OKP) dan masyarakat Desa Sumur Batu ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya desain grafis bagi pelaku UMKM dalam upaya peningkatan kualitas dan promosi produk melalui media digital. 

Ketua Pelaksana Bayu Agustian mengungkapkan, pelatihan ini dilaksanakan untuk menjawab keresahan serta memenuhi kebutuhan pelaku UMKM dan masyarakat di Desa Sumur Batu Kecamatan Babakan Madang.

“Kita melihat masih adanya pelaku UMKM di Desa Sumur Batu yang masih belum memperhatikan desain kemasan, serta kurangnya pengetahuan dalam melakukan promosi melalui media digital. Adanya workshop ini kita berharap masyarakat memiliki pemahaman mengenai pentingnya pemilihan desain yang tepat bagi produk mereka. Kita juga mengajarkan masyarakat mempromosikan produk melalui media digital sehingga masyarakat dapat dengan mudah memanfaatkan media yang ada untuk mengenalkan produknya ke khalayak luas," ungkapnya.

Dosen Sains Komunikasi FISIPKOM Unida Desi Hasbiyah yang hadir sebagai pemateri memaparkan, pelaku UMKM harus memiliki nilai lebih, salah satunya dengan membuat desain yang menarik.

"Untuk ibu-ibu yang memiliki produk-produk yang ingin dipasarkan lebih luas, tentu hendaknya produk tersebut harus ditingkatkan kualitasnya atau produk tersebut harus memiliki nilai lebih. salah satunya adalah dengan membuat desain yang menarik untuk produk tersebut. Kita pun harus pastikan produk tersebut memiliki kualitas yang baik harus terjamin higenis nya dan harus memiliki kemasan Yang bagus, packaging yang baik," jelasanya.

Dalam paparannya, Desi menutup pemaparan materi dengan kesimpulan, untuk memiliki keahlian dalam desain grafis diperlukannya pelatihan dalam upaya mendapatkan skill dan keterampilan yang baik.

Bayu menambahkan, pelaksanaan workshop diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mempromosikan produknya.

“Workshop ini juga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan UMKM dalam menciptakan materi promosi yang menarik. Semoga workshop ini memberikan manfaat yang nyata dan berkelanjutan bagi pertumbuhan bisnis UMKM di Desa Sumur Batu," paparnya.(*) 

Editor: Marezka & Mirna Pratami
 

Posting Komentar

0 Komentar