𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗞𝗞𝗡 𝗙𝗜𝗦𝗜𝗣𝗞𝗢𝗠 𝗨𝗡𝗜𝗗𝗔, 𝗧𝗲𝗿𝗮𝗽𝗸𝗮𝗻 𝗠𝗼𝗱𝗲𝗹 𝗣𝗲𝗺𝗯𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿𝗮𝗻 𝗛𝗮𝗽𝗽𝘆 𝗟𝗲𝗮𝗿𝗻𝗶𝗻𝗴 𝗱𝗶 𝗦𝗗𝗡 𝗦𝘂𝗸𝗮𝗵𝗮𝘁𝗶 𝟬𝟯


Lingkar Studi Pers, Bogor (9/8) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda Bogor (UNIDA) menerapkan model pembelajaran Happy Learning di SDN Sukahati 03 pada Selasa (8/8).


Model pembelajaran happy learning diterapkan di kelas 6 SDN Sukahati 03 pada mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial. 


Nadila selaku mahasiswi KKN-T Fisipkom Unida menuturkan, penerapan model pembelajaran happy learning dilakukan dengan 2 cara yaitu fun games teka-teki silang untuk matematika serta pembelajaran berupa audio visual untuk IPS.


"Selain menggunakan fun games teka-teki silang pada pelajaran matematika, materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan pemutaran video singkat dan pemaparan gambar untuk melatih pengetahuan siswa-siswi terkait bahan ajar," ungkapnya.


Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan konsep yang dikemas secara menarik bertujuan untuk menambah semangat peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta mengoptimalkan partisipasi peserta didik selama KBM berlangsung.


Ferri Nita Kumalasari selaku wali kelas 6 menyampaikan, model pembelajaran happy learning sangat efektif diterapkan sehingga kegiatan pembelajaran tidak monoton.


"Model ini dapat menarik perhatian peserta didik yang dimana kegiatan pembelajaran menjadi berpusat pada siswa karena siswa ikut aktif dalam KBM dan menemukan konsep materi sendiri sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan pun akan tercapai", tuturnya.


Dengan adanya model pembelajaran happy learning tersebut, diharapkan agar guru mampu berinovasi untuk menyampaikan pembelajaran dengan memanfaatkan media yang menarik dan kreatif sehingga pelaksanaan KBM berjalan dengan menyenangkan.



(Silvia Hendrika Putri)

Editor : Marezka

Posting Komentar

0 Komentar