𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗞𝗞𝗡 𝗙𝗶𝘀𝗶𝗽𝗸𝗼𝗺 𝗨𝗻𝗶𝗱𝗮 𝗨𝗽𝗮𝘆𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗻𝗶𝗻𝗴𝗸𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗺𝗮𝘀𝗮𝗿𝗮𝗻 𝗨𝗠𝗞𝗠 𝗱𝗶 𝗗𝗲𝘀𝗮 𝗣𝗮𝗻𝗰𝗮𝘄𝗮𝘁𝗶

Lingkar Studi Pers, Bogor (7/8) — Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Desa Pancawati Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor dari Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (Unida) mengadakan Penyuluhan  Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Produk UMKM, pada Kamis (03/08/2023). Kegiatan ini diikuti 72 peserta dari RW 13, Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. 


Menurut Nanang, selaku ketua RW 13, potensi UMKM di Desa Pancawati ialah jenis kerajinan dan makanan, namun terkendala dengan promosi. Warga Kampung Pancawati masih kurang memanfaatkan media sosial sebagai media promosi.


"Semoga dengan adanya Mahasiswa KKN dari Universitas Djuanda dapat mengedukasi kepada warga terhadap Pemanfaatan Media Sosial," ucapnya.


Berdasakan masalah tersebut, Ketua Kelompok 3 KKN FISIPKOM Desa Pancawati, Daffa Khairon, menyampaikan, Potensi UMKM yang banyak di Desa Pancawati terkendala dalam pemasaran terutama melalui platform digital. Padahal, di era saat ini, Media Digital menjadi hal yang sangat penting bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produknya lewat platform online.


“Semoga dengan adanya penyuluhan tersebut masyarakat dapat menjadikan solusi atas permasalahan dalam memasarkan produk dan membantu masyarakat Kampung Pancawati untuk memulai usaha serta mengembangkan UMKM atau usaha yang sudah dirintis agar dapat membantu menambah penghasilan serta menaikkan perekonomian masyarakat di Kampung Pancawati," tegasnya.


Pada kesempatan yang sama, Faisal Tri Ramdani, sebagai pemateri dalam kegiatan penyuluhan UMKM tersebut, memberikan tips memaksimalkan aplikasi media sosial seperti Whatsapp, Instagram dan lainnya sebagai media promosi produk UMKM mereka. 


"Coba bapak ibu foto kegiatan ini, lalu jadikan status di Whatsapps. Hal ini merupakan contoh paling mudah dalam promosi namun memiliki banyak keuntungan," paparnya. (*) 


Editor: Siti Zulfa Fauziah

Posting Komentar

0 Komentar