𝗚𝗮𝗲𝘁 𝗕𝗮𝘄𝗮𝘀𝗹𝘂, 𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗞𝗞𝗡 𝗞𝗲𝗹𝗼𝗺𝗽𝗼𝗸 𝟭𝟭 𝗙𝗶𝘀𝗶𝗽𝗸𝗼𝗺 𝗨𝗻𝗶𝗱𝗮 𝗚𝗲𝗹𝗮𝗿 𝗦𝗼𝘀𝗶𝗮𝗹𝗶𝘀𝗮𝘀𝗶 𝗣𝗲𝗺𝗶𝗹𝘂 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗣𝗲𝗺𝗶𝗹𝗶𝗵 𝗣𝗲𝗺𝘂𝗹𝗮


 

Lingkar Studi Pers, Bogor (7/8) — Mahasiswa Kelompok Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) menggaet Bawaslu kabupaten Bogor untuk menyelenggarakan sosialisasi partisipasi bagi pemilih pemula, pada Jumat (04/08/2023) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 04 Bogor. 

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa KKN menghadirkan komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor, Burhanuddin. Kegiatan sosialisasi dibuka dengan sambutan dari Dosen Pembimbing Lapangan Nadia Amalia.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman pemilih pemula untuk menghadapi pemilu serentak tahun 2024.

"Tujuan sosialisasi ini untuk meningkatkan kepedulian siswa siswi MAN 4 Bogor tentang pentingnya sebuah suara dalam pemilu, serta membuka mata tentang bahayanya informasi hoax di era pesta demokrasi saat ini," tutur Nadia Amalia selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

Burhanuddin, selaku narasumber menyampaikan materi mengenai partisipasi politik terhadap pemilih pemula. Ia menyampaikan, tugas pengawasan bukan hanya kewajiban bawaslu pemilih pemula juga memiliki peranan dalam mengawasi jalannya pemilu

"Sebagai pemilih pemula bukan hanya datang ke TPS lalu mencoblos, secara hakekat semua warga berperan penting dalam pengawasan agar seluruh proses dilakukan secara benar." Ucap Burhanuddin selaku komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor.

Sebagai pemilih milenial, minimal dapat menjadi penggerak untuk masyarakat, di mulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga dengan menerapkan rumus sederhana "Tolak Uangnya Jangan Pilih Orangnya ".

Dalam pemaparannya, Ia juga menjelaskan bagaimana cara mencoblos yang baik dan benar salah satu nya dengan mencoblos caleg dan partainya di satu kolom yang sama. 

Kegiatan ini di sambut antusias oleh siswa-siswi MAN 4 BOGOR. Salah satunya Hasnayusra, Ia berharap melalui kegiatan ini tidak akan ada lagi Golongan Putih (golput) terutama oleh pemilih pemula. (*) 


Penulis: Riski Johanes/Khonsa Khoulah

Editor: Siti Zulfa Fauziah

Posting Komentar

0 Komentar