Bekali Mahasiswa Cakap Akuntansi Digital, HIMAKSI UNIDA Gelar Webinar Nasional


Lingkar Studi Pers, Bogor (28/11) - Perkembangan teknologi informasi yang pesat seperti saat ini, mengalami perubahan pada akuntansi era digital. Kemajuan ini memberikan peluang baru bagi profesi akuntan. Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI), menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema, "AKUNTANSI DIGITAL : Prospek Akuntansi di Era Digitalisasi 4.0 dan Society 5.0". Kegiatan ini dilaksanakan pukul 08.00 WIB melalui zoom Cloud Meeting.


Eli Setiawati selaku ketua pelaksana Gebyar tersebut menjelaskan bahwa, "Kami dari panitia gebyar akuntansi memilih tema tersebut karena, agar kita paham dan sekaligus observasi untuk melakukan langkah selanjutnya sebagai akuntan. Hal ini bertujuan untuk para akuntan agar lebih update lagi dalam mengikuti zaman, sehingga tidak menjadi seorang akuntan yang tertinggal pada zaman," jelasnya.


Narasumber pada kegiatan ini yakni, Achmad Fauzi selaku Kepala Seksi Komite Standar Akuntansi Pemerintah (FKSAP) dan, Edi Jaenudin selaku Ketua Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Jawa Barat. 


Achmad Fauzi mengatakan, kehadiran teknologi dan cepatnya laju informasi akan membawa perubahan yang berdampak pada profesi akuntansi, serta dapat menjadi ancaman tersendiri bagi para profesi akuntansi itu sendiri. "Perlu adanya strategi-strategi konkrit untuk menghadapi era digital bagi para akuntan, agar tetap menunjukan eksistensi karirnya dimasa mendatang. Hal ini dapat dimulai dari sisi perguruan tinggi mengenai pembelajaran sistem informasi, agar lebih dimasifkan," ujarnya.


Edi Jaenudin menyebut profesi akuntan saat ini, sangat berkaitan dengan industri 4.0 terutama di era digitalisasi. 


Webinar ini salah satu rangkaian kegiatan dari Gebyar Akuntansi 2021, yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh HIMAKSI. Rangkaian kegiatan lain yakni, perlombaan Siklus Akuntansi, Essay Competition, Economic Debate, dan Cerdas Cermat. 


Nurdyan salah satu peserta acara tersebut mengatakan, kegiatan webinar ini memberikan manfaat baginya. "Saya merasa bahwa webinar ini sangat memberikan saya ilmu pengetahuan, pengalaman, dan pencerahan pemikiran yang nantinya akan diimplementasikan baik di dalam perkuliahan ataupun dikehidupan sehari-hari," ucapnya. 


Ketua pelaksana berharap dengan diselenggarakannya webinar ini, para peserta yang hadir dapat memahami materi yang disampaikan oleh para narasumber. "Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menambah semangat teman-teman akuntan untuk terus survive di era digital ini," pungkas Eli. (Ica)

Posting Komentar

0 Komentar