Persaingan Sengit Grand Final Debat Nasional Djuanda Management Competiton






Ciawi-(27/03) Lomba Debat Nasional berlanjut ke tahap final di hari ketiga Djuanda Management Competition yang dilaksanakan di Gedung C Universitas Djuanda. Dari total 10 tim, ada 6 tim yang berhasil lolos ke tahap final yakni Universitas Jambi,  Universitas Serang Raya,  Universitas Siliwangi (Unsil),  Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Djuanda (Unida),  dan Universitas Negeri Gorontalo. 

Di sesi pertama Universitas Jambi sebagai tim kontra melawan Universitas Serang Raya sebagai tim pro dengan mosi debat "Lemahnya Kebijakan Pemerintah Mengenai Mekanisme". Dilanjutkan dengan sesi kedua, Universitas Siliwangi (Unsil) melawan Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan mosi debat yang berbeda dari sesi sebelumnya. Diakhiri dengan tim debat dari Universitas Gorontalo melawan tuan rumah yaitu tim 2 Universitas Djuanda. 

Perlombaan berlangsung semakin sengit. Setiap tim berlomba menyampaikan argumennya dengan penuh kepercayaan diri. Hingga tersisa 3 tim yang  diadu kembali dalam babak grand final yaitu Universitas Jambi, UGM, dan Universitas Negeri Gorontalo. 

Dalam sesi pertama Universitas Jambi melawan UGM dengan mosi debat "MEA merugikan Masyarakat Indonesia", lalu dilanjutkan dengan Universitas Negeri Gorontalo melawan Universitas Jambi dan seterusnya hingga ketiga tim saling beradu argumen.
 
Hingga pada akhirnya pengumuman pemenang lomba pun diumumkan. UGM berhasil meraih juara 1 di ajang debat nasional ini.
 
Tak hanya hanya itu pemenang dengan kategori Best Speaker pun kembali diraih oleh peserta asal UGM yaitu Farkhana Laily.  Ia pun mendapatkan hadiah yaitu jalan-jalan mengelilingi 3 negara (Singapura, Malaysia, dan Thailand). 

Sementara itu,  di posisi juara kedua berhasil diduduki oleh Universitas Jambi,  juara 3 yaitu Universitas Negeri Gorontalo, dan juara harapan 1 yaitu Universitas Siliwangi. 

"Perasaan kami excited, luar biasa karena perjalanan kami kesini pun tidak mudah, kita naik kereta 8 jam lalu naik kereta lagi 2 jam ke arah bogor. Rintangan tersulit hari ini itu ketika kita dapat mosi yang kita tidak tahu sama sekali, karena kita ini anak perikanan sedangkan debatnya tentang ekonomi." Ujar Safrina Nur mahasiswa UGM yang menjuarai lomba debat kali ini. (Mila/Dhani)



Posting Komentar

0 Komentar