𝗟𝗦𝗣 𝗚𝗲𝗹𝗮𝗿 𝗞𝗮𝗷𝗶𝗮𝗻 𝗞𝗲𝗽𝗲𝗻𝘂𝗹𝗶𝘀𝗮𝗻, 𝗔𝗷𝗮𝗸 𝗔𝗻𝗴𝗴𝗼𝘁𝗮 𝗕𝗮𝗿𝘂 𝗠𝗮𝗵𝗶𝗿 𝗠𝗲𝗻𝘂𝗹𝗶𝘀 𝗕𝗲𝗿𝗶𝘁𝗮

 

Lingkar Studi Pers, Bogor — Lingkar Studi Pers (LSP) Universitas Djuanda (UNIDA) menggelar kajian kepenulisan berita untuk calon anggota baru LSP, bertempat di Masjid Baitul Qur'an (MBQ). Kegiatan dilaksanakan pukul 13.00 WIB, Sabtu (04/11) dengan mengusung tema "Teknis Menulis Berita".


Ketua Pelaksana, Ruli Ananda Putri, menyebut, kegiatan ini bertujuan memperkenalkan serba serbi dunia jurnalistik khususnya penulisan berita kepada anggota baru LSP atau yang dikenal dengan Calon Insan Muda (CIM). 


"Acara ini merupakan kajian yang dibuat untuk calon insan muda 2023, agar mereka memiliki kemampuan dasar untuk menjadi jurnalis yaitu bisa menulia berita," ujarnya.


Siti Zulfa Fauziah, Pemimpin Redaksi sekaligus Narasumber pada kajian ini menjelaskan jenis-jenis berita dan teknis menulis berita yang merupakan kemampuan penting bagi seorang jurnalis. 


"Dalam menuliskan berita, kita harus memperhatikan struktur beritanya misalnya lead harus ada unsur-unsur, who, what dan when. Tubuh berita harus berisi penjelasan unsur why, how sedangkan kaki berita berisi informasi tambahan. Kemudian, jangan lupa memperhatikan 11 nilai berita dalam menulis," terangnya.


Kegiatan ini mendapatkan tanggapan positif dari peserta. "Acaranya menarik dan edukatif," ucap Alpin, salah satu peserta. 


Alvin menambahkan, pemateri menyampaikan materi dengan ringan sehingga mudah dipahami.


Khonsa Khoulah, Ketua Umum LSP berharap, melalui kajian ini dapat menambah wawasan anggota baru untuk memulai menulis berita. 


"Lewat kajian ini, kita ingin membantu para calon baru insan muda menulis berita dengan struktur yang baik dan benar," jelasnya. 



Penulis: Muhammad Ipan/CIM 2023

Editor: Siti Zulfa Fauziah

Posting Komentar

0 Komentar