𝗚𝗮𝗹𝗶 𝗣𝗼𝘁𝗲𝗻𝘀𝗶 𝗔𝗻𝗮𝗸 𝗦𝗲𝗷𝗮𝗸 𝗗𝗶𝗻𝗶, 𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗞𝗞𝗡 𝗙𝗜𝗦𝗜𝗣𝗞𝗢𝗠 𝗨𝗡𝗜𝗗𝗔 𝗜𝗻𝗶𝘀𝗶𝗮𝘀𝗶 𝗣𝗿𝗼𝗴𝗿𝗮𝗺 𝗕𝗲𝗹𝗮𝗷𝗮𝗿 𝗦𝗼𝗿𝗲 𝗕𝗮𝗿𝗲𝗻𝗴


Lingkar Studi Pers, Bogor (1/8) — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) yang ditempatkan di Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, berhasil menginisiasi program kerja inovatif “Belajar Sore Bareng” yang mulai diselenggarakan pada Selasa, (25/7/2023). 


Program “Belajar Sore Bareng” yang bertujuan untuk menggali potensi minat dan bakat anak-anak di lingkungan sekitar, berfokus pada pendidikan informal yang dilaksanakan setiap sore hari di posko tempat tinggal mahasiswa KKN dengan izin dari pihak kelurahan yaitu di sekitar Kampung Cijulang, Desa Sukaharja. 


Program ini melibatkan anak-anak dari berbagai usia mulai dari 7 sampai 12 tahun dengan jumlah sekitar 40 orang. 


Ketua tim KKN Desa Sukaharja Kecamatan Cijeruk, Helwa Nur Alfa Laila, menjelaskan, kegiatan yang diadakan dalam program “Belajar Sore Bareng” meliputi bimbingan belajar Bahasa Inggris, kegiatan seni dan budaya, kegiatan olahraga dan permainan tradisional serta pengenalan teknologi.


Dalam kegiatan tersebut mahasiswa terlebih dahulu menyiapkan modul pembelajaran agar memudahkan anak-anak dalam menyerap informasi yang diberikan. Mahasiswa juga mengajak anak-anak agar memahami perkembangan teknologi dan tidak melupakan budaya asli Indonesia dengan cara melestarikan permainan tradisional dan ikut serta dalam kegiatan seni dan budaya yang tentunya dapat sekaligus menggali bakat dan minat mereka. 


“Kegiatan belajar sore bareng ini hasil dari observasi kami sesuai dengan kebutuhan masyarakat di sini sehingga kami mengadakan kegiatan yang berisi pembelajaran bahasa inggris, seni dan budaya, teknologi dan olahraga, untuk itu kami siap untuk berkontribusi,” jelasnya.


Sejak diinformasikannya program ini melalui kerja sama dengan SDN Sukaharja 03 antusias dari anak-anak dan orang tua sangat tinggi. Banyak dari mereka secara inisiatif langsung mendaftarkan diri dan memulai kegiatan dengan penuh semangat. 


Salah satu orang tua murid, Vanesha, menyampaikan, orang tua dari anak-anak juga mendukung program ini, mereka senang dan terbantu lantaran anak-anaknta bisa mendapatkan bimbingan belajar secara gratis. 


“Iya, kemarin dapet info dari anak saya katanya ada mahasiswa KKN yang ngadain belajar bareng terus ga bayar jadi yaudah saya datengin dan langsung menitipkan anak saya aja ke mereka,” ungkapnya. 


Dengan adanya program ini, Sambung Helwa, diharapkan potensi anak-anak dalam berbagai bidang terus bisa digali dan dikembangkan dengan optimal. 


Mahasiswa peserta KKN juga berharap kehadiran mereka dapat memberikan dampak jangka panjang yang baik untuk perkembangan pendidikan dan kesejahteraan anak-anak di lingkungan sekitar. (*) 



Editor: Siti Zulfa Fauziah

Posting Komentar

0 Komentar