Ajak Belajar Jurnalistik, HIMAKOM UNIDA Gelar Webinar

Lingkar Studi Pers, Bogor (17/06) - Himpunan Mahasiswa Sains Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, mengadakan Webinar Jurnalistik 2021, dengan tema "Everyone can be A Journalist." Webinar ini dilaksanakan pada 16 Juni 2021 lalu, secara virtual pukul 08.00 WIB. 


Webinar ini salah satu dari acara "Kreativa da Communication." 


"Kegiatan Himakom salah satunya seminar online, yang telah disiapkan dari tiga minggu lalu," ucap Muhammad Alfiansyah, selaku ketua pelaksana.


Acara ini dihadiri oleh dua narasumber yakni, Rahma Hayuningdyah selaku news presenter NET TV dan Deasy Dasmita dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor.


Materi pertama disampaikan oleh Rahma Hayuningdyah, menjelaskan mengenai keterampilan menjadi seorang jurnalis, yakni terdapat lima cara untuk melatih keterampilan seorang jurnalis, tidak boleh berhenti mencari referensi, sering melakukan latihan, peka, berpikir kritis dan terus mengasah kemampuan.


Materi selanjutnya dijelaskan oleh Deasy Dasmita, membahas mengenai citizen journalism. Adanya _citizen journalism_, mengakibatkan hambatan bagi kegiatan jurnalistik. Adapun ciri-ciri jurnalistik saat ini, yakni tidak membedakan pewarta profesional atau amatir, tidak ada seleksi ketat terhadap beritanya, didominasi oleh media online, dan memiliki komunitas.


Muhammad Alfiansyah berharap dengan adanya acara ini dapat meningkatkan kemampuan menulis. "Harapan adanya seminar ini mampu meningkatkan kemampuan dalam menulis, sehingga bisa mengirim artikel ke surat kabar atau media massa. Selain itu dapat mengasah kemampuan dalam wawancara dan teknik penyampaian berita." (Uswah/Yuyu)

Posting Komentar

0 Komentar