Yulia Nasari, Peraih Top 15 Bogor Leaders Talk 2021


Lingkar Studi Pers, Bogor (24/04) - Mahasiswa Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, Yulia Nasari, masuk 15 besar dalam kompetisi Bogor Leaders Talk 2021, yang diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bogor secara virtual. Kegiatan ini mengusung tema "Pancakarsa Dalam Ide dan Gagasan Kaum Muda."


Bogor Leaders Talk 2021 adalah kompetisi orasi untuk para pemuda yang berusia 17-30 tahun, asal kabupaten Bogor. Serangkaian kegiatan ini dilaksanakan pada 24 Maret-31 Maret 2021, yang terdiri atas babak penyisihan, babak final, dan pengumuman.


Yulia Nasari adalah seorang mahasiswi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNIDA. Meskipun tidak lolos dalam 5 besar, namun Ia bersama finalis 15 besar lainnya mendapat penghargaan dari Pemerintah daerah Kabupaten Bogor, yang diberikan langsung di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor.


Menurutnya, kegiatan ini menjadi kesempatan besar bagi para pemuda Kabupaten Bogor untuk berpartisipasi dalam menuangkan gagasan-gagasannya yang sesuai dengan Pancakarsa, yaitu program yang diusung oleh Ade Yasin, selaku Bupati Bogor. Pancakarsa terdiri atas Bogor Cerdas, Bogor, Sehat, Bogor Membangun, Bogor, Maju, dan Bogor Berkeadaban.


Dalam video orasi yang disampaikan Yulia melalui Instagramnya, ia mengambil judul "Menguatkan Potensi Warisan Bangsa, Lahirkan Perda Cagar Budaya sebagai Implementasi Berkeadaban." Gagasan yang disampaikannya, menekankan mengenai warisan budaya. "Saat ini, budaya itu mulai kendor terutama dikalangan pemuda. Untuk itu, perlu ada penyadaran pada warisan budaya, yaitu pada cagar budaya yang bersifat kebendaan," ujarnya.


Kabupaten Bogor adalah kabupaten yang kaya akan historis. Maka dari itu, perlu adanya keseriusan dari pemerintah daerah untuk melestarikan cagar budaya. Untuk itu, ia merekomendasikan agar pemerintah Kabupaten Bogor membuat Peraturan Daerah (Perda) mengenai cagar budaya. "Perlu dilahirkan perda tersendiri, sebagai upaya penyelamatan cagar budaya yang ada di daerah dan untuk menghormati nilai-nilai leluhur," jelasnya.


Ia berharap dengan adanya kompetisi ini, gagasan yang ia sampaikan dapat terealisasikan. Selain itu, ia juga berpesan kepada para finalis Bogor Leaders Talk untuk terus berkarya. Dalam wawancara, Yulia Nasari menutupnya dengan kata-kata bijak dari George Bernard Shaw, "Hidup itu bukan soal menemukan diri, hidup itu membuat diri Anda sendiri." (nda)

Posting Komentar

0 Komentar