Belajar Daring Kurang Optimal? Ini 5 Tips Agar Belajarmu Lebih Optimal

Selama kurang lebih satu tahun, belajar online atau biasa disebut daring ini, sudah memasuki kurun waktu yang cukup lama akibat masih adanya virus Covid-19.

Belajar daring memang cukup sulit ketika dilakukan di rumah. Banyak sekali hambatan yang terjadi, seperti tidak ada sinyal, muncul rasa malas, tergoda untuk bermain game online, dan masih banyak lagi. Sehingga, dapat menghasilkan minat belajar online berkurang dan belajar kurang optimal.

Namun, hal ini dapat diatasi agar belajarmu tetap optimal, dengan mengikuti 5 tips sebagai berikut : 

1. Pastikan Tempat yang Nyaman untuk Belajar di rumah.
Saat di rumah, sangat memungkinkan terjadinya hal-hal yang dapat mengganggu aktifitas pembelajaran. Nah, pilihlah tempat belajar yang jauh dari keramaian, agar tetap fokus dalam pembelajaran. Pastikan sediakan air mineral dan nyalakan alat penyejuk (AC, atau kipas angin).

2. Motivasi diri
Selama belajar dilakukan saat daring, sering timbul rasa malas. Nah, alangkah baik nya jika kita memotivasi diri kita untuk menjadi pelajar yang lebih baik, bahwa adanya virus Covid-19 ini bukanlah menjadi penghalang kita untuk belajar dan mengemban ilmu. 

3. Koneksi Internet yang Lancar
Untuk menyiapkan aktifitas pembelajaran daring, hal yang satu ini perlu kamu perhatikan. Cari tempat yang menghasilkan koneksi internetmu yang lancar. Karena, koneksi internet yang lancar akan mempermudah proses pembelajaran daring saat di rumah. 

4. Mencatat Materi-materi Penting
Tak hanya piawai dalam menyimak, kamu juga perlu mencatat poin penting dari materi yang telah dipaparkan, agar bisa dipahami dan dibaca kembali. Hal ini dapat membantumu untuk bisa mengerti dan mengingat materi secara baik.

5. Hindari Hal-hal yang Dapat Mengganggumu
Belajar di rumah lebih banyak gangguan yang sering terjadi, seperti televisi, smartphone, dan lain sebagainya.

Nah, dari 5 tips tersebut boleh kamu coba ya. Semoga bisa membantu belajar daringmu lebih optimal. 
(AM)


 

Posting Komentar

0 Komentar