Ingin Terhindar dari Rasa Bosan? Ini 10 Tips Menghindari Rasa Bosan, Saat di Rumah Saja.

Tidak terasa bukan? Satu tahun telah berlalu, pandemi Covid-19 masih saja belum berakhir. Masyarakat masih perlu melakukan berbagai aktivitas di rumah saja, dan selalu menerapkan 5M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi).


Satu tahun bukanlah waktu yang singkat untuk diam di rumah saja. Rasa bosan sering kali muncul, karena bingung aktivitas apa lagi yang perlu kita lakukan. 


Nah, apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengusir rasa bosan? Meskipun di rumah saja? Berikut 10 tips mengusir rasa bosan.


1. Mendekor Rumah atau Kamar

Rumah atau kamar yang baru, biasanya akan menciptakan suasana hati yang baru pula. Nah, untuk menciptakan suasana baru, kalian bisa mendekor kembali rumah atau kamar dengan desain yang berbeda dari sebelumnya. Tidak perlu dekorasi yang mewah dan mahal, cukup memanfaatkan barang yang sudah tidak dipakai untuk menjadi aksesoris penghias ruangan. Bisa juga mengubah tata letak benda di ruangan rumah atau kamarmu.


2. Berkreasi Melalui Seni

Berbagai kreasi seni bisa kamu coba seperti melukis, bermain alat musik, membuat lagu, atau membuat kerajinan tangan. 


3. Berkebun atau Memelihara Tanaman 

Dilansir dari halodoc.com, adanya tanaman hidup di sekitar kita, bisa membantu mengurangi perasaan tertekan atau stres. Oksigen yang dikeluarkan dari tanaman bisa membuat pikiran menjadi rileks.


4. Membuat Resep Baru dan Memasak Bersama

Memasak adalah hal yang sangat menyenangkan untuk sebagian orang. Tips ini bisa kamu lakukan bersama keluargamu.


5. Membaca Buku

"Buku adalah Jendela Dunia." Ada banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan membaca buku. Cobalah untuk membaca buku dengan genre kesukaanmu.


6. Menulis

Kapan terakhir kamu menulis?

Menulis itu bisa meredakan stres, loh. Menurut Dr. James Pennebaker, guru besar Psikologi University of Texas, Austin mengatakan, "Orang yang terlibat dalam laporan menulis ekspresif merasa lebih bahagia dan berkurang dampak negatif daripada sebelum menulis.” Ayo, cobalah untuk menulis sesuatu yang kamu pikirkan. 


7. Memelihara Hewan Peliharaan

Memelihara hewan merupakan salah satu cara untuk mengurangi kecemasan dan stres. Hewan peliharaan adalah teman yang baik saat kamu merasa kesepian atau bosan. Karena, kamu bisa bermain bersamanya.


8. Menonton Film

Banyak orang saat memiliki waktu luang untuk menonton film, ketika dirinya merasa jenuh dan bosan. Menonton film merupakan suatu solusi untuk membantu kita menghilangkan stres dan kejenuhan.


9. Vlogging

Adanya pandemi Covid-19, jangan sampai menghalangimu untuk tetap berkarya. Kamu tentu sudah tak heran lagi dengan aktivitas yang satu ini, yaitu Vlogging. Ya, kamu bisa menjadikan vlog sebagai media untuk mengekspresikan diri, berbagi ilmu, menyalurkan hobi, atau dijadikan sebagai peluang untuk mencari pundi-pundi rupiah.  


10. Olahraga

Dikutip dari International Journal of Cardiovascular Science, olahraga atau aktivitas fisik, terutama pada intensitas dan durasi sedang dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Beberapa hasil penelitian juga menyebutkan bahwa olahraga dapat mencegah terjadinya gangguan mental.


Nah, itu dia 10 tips agar terhindar dari rasa bosan. Semoga dapat membantu menghilangkan rasa bosan kalian ya.

(Khaerunisa)

Posting Komentar

0 Komentar