UNIDA Bogor Gelar Sosialisasi 21 Karakter Bertauhid

Lingkar Studi Pers, Bogor (20/02) - Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor menyelenggarakan sosialisasi 21 Karakter Bertauhid kepada para mahasiswa UNIDA Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap 21 Karakter Bertauhid. Kegiatan ini digelar secara daring melalui zoom meeting, pada pukul 09.00 WIB.


21 karakter bertauhid salah satu dari perwujudan visi dan misi Universitas Djuanda Bogor sebagai "Kampus Bertauhid," untuk menumbuhkan nilai-nilai ketauhidan pada mahasiswa. Ada 4 bagian dalam 21 karakter bertauhid, yang dijelaskan oleh  lima narasumber.


Narasumber pertama, yaitu Dr. Amir Mahrudin, M.Pd.I selaku Kepala LP2T UNIDA Bogor. Ia menyebutkan 4 pilar dalam tahap sosialisasi ini, yaitu pengetahuan, implementasi, modelisasi, serta mentoring dan evaluasi.


Narasumber kedua, yaitu Irman Suherman, M.Pd selaku Kepala Bidang Pengelola MKDU dan Pembelajaran Berbasis Tauhid. Menjelaskan mengenai "Local Wisdom," yaitu cageur, bageur, bener, pinter, singer. Lalu, Aal Lukmanul Hakim, SH., MH. selaku moderator menambahkan, "Local wisdom ini disesuaikan dengan lokasi UNIDA, yang ada di tatar Sunda," ucapnya.


Narasumber ketiga, yaitu Dr. Yudi Wahyudi, M.Si selaku Dosen Fakultas Pertanian (FAPERTA) UNIDA Bogor. Ia memaparkan mengenai "National Wisdom," yang terdiri dari nasionalitas, integritas, loyalitas, respeksitas, dan kapasitas.


Narasumber keempat, yaitu Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIDA Bogor, Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.I. Ia menjelaskan mengenai "Global Wisdom," yaitu _awareness, accountability, participatory, creativity, dan advertisy._


Narasumber kelima, yakni Rendi Ramdhani, M.Pd selaku Kepala Bidang Pengkajian LP2T UNIDA Bogor. Menjelaskan mengenai "Spiritual Wisdom," yaitu siddiq, amanah, fathonah, tabligh, dan Istiqomah. Keempat bagian ini disatukan untuk menumbuhkan sifat taqwa.


Kegiatan ini, diakhiri dengan adanya _post test_ yang perlu diisi oleh para mahasiswa, untuk mengevaluasi pemahaman 21 karakter bertauhid yang telah dipaparkan.

(ND)

Posting Komentar

0 Komentar