Tolak RUU HIP, Aliansi Mahasiswa Se-Bogor Raya Gelar Aksi Di Depan Istana Bogor



Bogor(07/07) - Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Se-Bogor Raya menggelar aksi di pintu 3 sekitaran Istana Bogor, Selasa (7/7/2020). Aksi ini merupakan penolakan terhadap Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Aksi tersebut diikuti dari beberapa kampus di Kota Bogor, dan organisasi mahasiswa, dianataranya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Bogor, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kota Bogor, Ikatan Mahasiswa Muhammadyah (IMM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai kampus di Kota Bogor, Badan eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Bogor. Aksi dimulai dengan pembacaan pancasila yang dilakukan oleh massa aksi secara serentak dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sementara itu dalam orasi pembukanya ketua umum KAMMI daerah Bogor Arif mengatakan, dengan adanya RUU HIP ini maka secara tidak langsung pancasila akan di press dan pemerintah bisa seenaknya menerjemahkan pancasila.

"Tolak RUU HIP kawan-kawan, RUU HIP ini membuat pancasila ideologi negara kita secara tidak langsung akan di press, ada beberapa kejanggalan pada pasal 44 dan pasal 45, pemerintah khususnya presiden bisa seenaknya menerjemahkan pancasila, terlebih nanti kedepannya yang berdemo, kritis terhadap pemerintah, bisa dianggap makar oleh pemerintah. Maka dari itu jelas kmi sangat menolak," Ujar Arif.

Ketua Himpunan Mahasiswa Kota Bogor juga mengatakan, pihaknya sangat menolak RUU HIP ini karena dengan adanya RUU HIP ini menimbulkan perpecahan dimasyarakat dan sangat menyesalkan ditengah situasi pandemi seperti ini pemerintah malah memanfaatkan moment RUU HIP ini.
"Di tengah pandemi seperti ini mereka pemerintah malah memanfaatkan moment untuk menusuk rakyatnya dari belakang dengan RUU HIP ini, Pancasila merupakan roh suatu bangsa yang tidak bisa diganggu gugat, maka dari itu hari ini kami mahasiswa berkomitmen untuk meolak RUU HIP ini," Ungkap Herdiansyah dalam orasinya.

 Selain diisi oleh orasi, aksipun diisi oleh pembacaan pusi dari perwakilan kampus Universitas Djuanda dan teatrikal sidang penolakan RUU HIP. Aksi yang berlangsung dari pukul 14.30 hingga 17.15 berjalan tertib dengan dikawal oleh kepolisian dan beberapa tentara yang berjaga disekitaran massa aksi. (Sidi)

Posting Komentar

0 Komentar