Curug Cantel Bumijawa, Indahnya Air Terjun di Tegal



Kota Tegal tidak hanya terkenal dengan warteg-nya saja. Kota satu ini juga memiliki keindahan alam salah satunya Curug Cantel Bumijawa yang terletak di Desa Gendong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.



Perjalanan menuju ke Curug tersebut bisa ditempuh dengan angkutan umum. Dari Pertigaan Yomani Sepumaja, Yamansari, Lebaksiu, Tegal dapat menaiki angkutan umum menuju Bumijaya dan langsung turun di depan pintu masuk Curug Cantel.

Dari tempat parkir menuju Curug dilalui dengan berjalan kaki kurang lebih sekitar 70 meter,  pada jalan setapak bebatuan yang disisi jalan nya dihias tebing menjulang tinggi sekitar 60 meter  yang ditumbuhi lumut dan tanaman liar. Dengan ketinggian 60 meter ini, menjadikan air yang turun dari atas memiliki kecepatan yang tinggi.

Udara sejuk dan segar terasa ketika berada di curug ini,  karena letaknya yang berada di kaki gunung Slamet.

Untuk menikmati keindahan alam Curug Cantel Bumijawa, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar lima sampai delapan ribu rupiah per orang. Selain itu masih ada biaya parkir sebesar lima ribu rupiah per kendaraan.

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini terbilang cukup memadai. Telah ada area parkir, kamar mandi, mushola. Selain itu terdapat warung-warung yang menjual aneka makanan dan cemilan.


Tak hanya pesona keindahan alam curug cantel yang menjadi daya tarik. Sebuah cerita lampau tersirat di balik nama Curug Cantel.
Nama Curug cantel  berasal dari kisah seorang lelaki yang menemukan bunga anggrek pada Curug tersebut.

"Namun, bukan anggrek biasa.  Bunga anggrek ini memiliki keistimewaan dapat dibilang kramat",  tutur seorang penjual tiket (08/06)

Akhirnya di ambillah anggrek tersebut menggunakan sebuah galah.  Alhasil bunga tersebut bisa di dapatkan dan bunga anggrek tercantel pada galah.

"Nah, makanya dinamakan Curug cantel",  pungkasnya.



Pesona keindahan Curug Cantel dengan kisah dibalik namanya serta lokasinya yang mudah di jangkau menjadikan curug ini banyak dikunjungi oleh wisatawan ketika liburan.

"Soalnya akses jalan menuju kesana nya deket masih lewat jalan gede bukan kampung, keamanan Curug nya juga sudah dikelola pemerintah", tutur Sri salah seorang pengunjung.

"Lebih baik tidak usah membawa terlalu banyak barang ke atas karena ruang ganti nya ada di dekat parkiran",  pungkasnya. (Puji) 

Posting Komentar

0 Komentar