Jurnalika Fair 14, Talkshow with Risa Saraswati

BOGOR - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Politeknik Akademi Kimia Analisi (AKA) Bogor atau yang kerap disebut Jurnalika, gelar acara Jurnalika Fair 14 dengan Talkshow bertemakan "Show Your Creation with Social Media" di Gedung Kesenian Kemuning Gading, pada Sabtu (1/12).

Acara tersebut secara resmi dibuka dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali oleh Ibnu Hadi selaku perwakilan dari Persatuan Wartawan Indonesia, dan dilanjutkan dengan talkshow yang dibintangi oleh Risa Saraswati, seorang penulis sekaligus content creator di platform Youtube.

Dimoderatori oleh Kamaluddin Ridho Bahar, dalam talkshow yang dihadiri oleh lebih dari 200 orang peserta itu, Risa bercerita dan berbagi ilmu tentang kepenulisan dan pentingnya social media di era sekarang.

Risa juga menceritakan perjalanan hidupnya dari awal dia menulis hingga novel-novelnya diangkat ke layar lebar. Ia mengaku alasan awalnya menulis, bukanlah untuk kebutuhan finansial.

"Memang dari kecil sudah diajarin menulis melalui buku diary yang diberikan orang tua saya dan apapun yang dilakukan dengan hati maka akan mendapatkan balasan yang sesuai," ujar Risa.

Dalam pembawaan materinya, Risa juga memberikan tips untuk para peserta ketika berada dalam keadaan malas atau bosan dengan menulis.

"Ketika saya atau kalian mulai merasa bosan menulis, lakukanlah hal-hal yang kalian senangi. Biasanya saya makan bakso, atau jalan-jalan ke mall, berbelanja, menyenangkan diri, baru lanjut nulis lagi." Pungkas Risa.

Ditambah dengan bintang tamu hiburan Ramli Nurhappi, top 5 X Factor Indonesia, agenda talkshow tahunan tersebut juga diakui mengambil tema yang  sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Evan selaku ketua pelaksana mengaku bahwa yang membedakan adalah dari segi pembahasan, yang mana tema pembahasan kali ini lebih luas dari biasanya.

"Talkshow kali ini tidak hanya membahas tentang kepenulisan, tetapi mencakup lebih luas dalam pembahasannya dan menyesuaikan dengan tema yang diusung pada Jurnalika Fair tahun ini."

Evan jugamenjelaskan bahwa alasan dipilihnya Risa Saraswati sebagai pengisi materi pada talkshow kali ini dikarenakan Risa adalah seorang penulis dan content creator yang sudah menulis banyak buku hingga beberapa dari bukunya diangkat ke layar lebar yang mana hal itu dapat menarik minat masyarakat.

"Selain itu juga karena Risa adalah seorang penulis bergenre horror yang jelas sangat berbeda dengan penulis lain yang banyak bergenre romance," sambungnya.

Setelah talkshow berakhir, ditutup dengan penampilan dari Ramli Nurhappi yang menyanyikan beberapa lagu.

Acara berlangsung dengan lancar sesuai dengan apa yang diekspetasikan oleh para panitia, Evan juga berharap pada Jurnalika Fair selanjutnya semoga lebih dimatangkan konsepnya, dan lebih berinovasi.

"Saya lumayan puas dengan hasil Jurnalika Fair tahun ini, melihat dari animo dari para peserta dengan bintang tamu yang dihadirkan." Tutup Evan. (Uton/Karmil)

Posting Komentar

0 Komentar