Bersemi LDK Mukhlis Sadarkan Pemuda Akan Tugas dan Tanggung Jawabnya

Ciawi (19/10) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus Majlis Ukhuwah Islamiyah (LDK Mukhlis) Universitas Djuanda (Unida) Bogor menggelar agenda "Bersemi" di Masjid Al Amaliah Ciawi, pada Minggu (18/11).

Bersemi adalah singkatan dari "Bersama Mukhlis Menuju Insan yang Rabbani", yang merupakan agenda tahunan LDK Mukhlis Unida namun memiliki ciri khas tersendiri setiap tahunnya. Seperti rangkaian acara yang di tahun-tahun sebelumnya terdiri dari perlombaan dan seminar, namun Zulfa Hasanah selaku panitia mengaku tahun ini dibuat berbeda yaitu dalam bentuk kajian, karena melihat dari kebutuhan Ruhani para pemuda yang perlu diisi salah satunya melalui kajian.

Acara dibuka dengan penampilan dari Grup Miftahul Amaliyah yang melantunkan sholawat dalam alunan musik Hadroh. Tak lupa pula sambutan hangat dibawakan oleh Bapak Nana selaku Kepala Desa Ciawi sekaligus Ketua DKM Masjid Al Amaliah yang menyampaikan keterbukaannya kepada pemuda khususnya daerah Ciawi dalam memakmurkan Masjid Al Amaliah melalui kegiatan-kegiatan yang positif.

Dengan mengusung tema "Tanggung Jawab Pemuda sebagai Perubahan Peradaban Islam," kajian ini diisi oleh Rizal Wahid, salah satu Trainer Muda Nasional. Beliau menuturkan bahwa setidaknya ada 10 sifat yang harus dimiliki oleh pemuda yang terangkum dalam "Muwashofat Tarbiyah". Salah satunya dari 10 sifat itu adalah pemuda harus memiliki akhlak yang baik. Ketika Muwashofat Tarbiyah sudah melekat dalam diri pemuda, maka jadilah ia pemuda yang melakukan perubahan peradaban di masyarakat dengan baik. Tidak harus menunggu 10 sifat itu ada dalam diri seorang pemuda, tapi mulailah saat ini juga melakukan perubahan sambil memperbaiki sifat-sifat yang belum ada dan belum baik.

Zulfa Hasanah selaku panitia juga menuturkan, bahwa acara ini bertujuan untuk mengingatkan kembali para pemuda akan tugas dan kewajibannya terhadap bangsa dan agama ini.

"Jangan sampai pemuda loyo, berleha-leha sedangkan dia melupakan tanggung jawabnya yang besar. Diharapkan pemuda memiliki prinsip yang kuat sehingga bisa melakukan perubahan", ujar Zulfa.(Kembar/LSP)

Posting Komentar

0 Komentar