𝗨𝗞𝗠 𝗣𝗖 𝗨𝗡𝗜𝗗𝗔 𝗚𝗲𝗹𝗮𝗿 𝗣𝗮𝗺𝗲𝗿𝗮𝗻, 𝗖𝗲𝗿𝗶𝘁𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗶𝗺𝗽𝗶𝗮𝗻 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗦𝗲𝗿𝗶𝗻𝗴 𝗧𝗲𝗿𝗵𝗮𝗹𝗮𝗻𝗴 𝗥𝗲𝗮𝗹𝗶𝘁𝗮 𝗟𝗲𝘄𝗮𝘁 𝗞𝗮𝗿𝘆𝗮 𝗙𝗼𝘁𝗼

 

Lingkar Studi Pers, Bogor - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pelukis Cahaya (PC) Universitas Djuanda (UNIDA) mengadakan pameran fotografi hari kedua bertema "Somnium Et Veritas" yang bermakna "Saat Realita Menentang Impian", di Groovy Space & Kitchen Kota Bogor pada, Sabtu-Minggu, 3-4 Februari. 

Pameran ini bertujuan untuk menyuarakan mimpi seseorang yang bertolak belakang dengan realitanya secara emosional atau lisan melalui foto-foto yang dipamerkan. 

Selain menampilkan hasil karya foto pameris, UKM PC UNIDA menghadirkan Muhammad Arief Rachmansyah sebagai kurator, dan Octo Ahadi, untuk mengisi seminar yang bertema "Fotografi Sebagai Bidang Industri Kreatif Untuk Membangun Revolusi Teknologi" pada hari kedua pelaksanaan.

Azzhara, selaku ketua pelaksana, menyebut alasan dibalik pengambilan tema. Tema yang diangkat pada pameran sangat sesuai dengan kehidupan banyak orang yang mempunyai mimpi, namun pada kenyataannya impian tersebut bertolak belakang dengan realita yang ada.

"Kita mengangkat tema tersebut karena memang sebelumnya kita sudah riset dulu tema apa yang memang banyak dialami terutama oleh anak-anak muda zaman. Walaupun tema yang kita angkat mungkin memang bukan hal yang sedang hype tetapi kita mencoba untuk menyampaikan pesan melalu karya yang kita sampaikan dalam sebuah foto," ujarnya.

Tidak ada syarat khusus untuk karya-karya yang ditampilkan pada pameran. Para pameris diberi kebebasan dalam pengambilan foto, dengan ketentuan foto tidak keluar dari tema yang ditetapkan. 

Pada pameran ini juga, menggunakan jenis fotografi konseptual, sehingga pameris diperkenankan untuk mengarang bebas sesuai apa yang mereka bayangkan. 

Salah satu pengunjung pameran, Gilang, dari UKM I Fotografi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) menyebut, pameran yang diadakan oleh UKM PC kali ini sangat bagus dan menarik, mulai dari segi foto, storyline , pengambilan angle dan lighting.

"Selain untuk mempereat tali silaturahmi, saya juga hadir untuk memperluas relasi dan referensi foto, saya berharap kedepannya UKM PC bisa memperpanjang jangka waktu pameran dan lebih memperluas genre fotografi yang memang bisa dipamerkan seperti jurnalistik dan sport," tambahnya. 


Reporter: Silvia Hendrika Putri & Jawi Fadilah

Editor: Siti Zulfa Fauziah

Posting Komentar

0 Komentar