𝗠𝗮𝗵𝗮𝘀𝗶𝘀𝘄𝗮 𝗙𝗜𝗦𝗜𝗣 𝗨𝗡𝗜𝗗𝗔 𝗞𝗲𝗺𝗯𝗮𝗹𝗶 𝗧𝗼𝗿𝗲𝗵𝗸𝗮𝗻 𝗣𝗿𝗲𝘀𝘁𝗮𝘀𝗶, 𝗞𝗮𝗹𝗶 𝗜𝗻𝗶 𝗥𝗮𝗶𝗵 𝗝𝘂𝗮𝗿𝗮 𝟮 𝗟𝗼𝗺𝗯𝗮 𝗞𝗼𝗺𝘂𝗻𝗶𝗸𝗮𝘀𝗶 𝗣𝗥 𝗖𝗮𝗺𝗽𝗮𝗶𝗴𝗻 𝗧𝗶𝗻𝗴𝗸𝗮𝘁 𝗡𝗮𝘀𝗶𝗼𝗻𝗮𝗹 𝗱𝗶 𝗦𝘂𝗿𝗮𝗯𝗮𝘆𝗮




 
Lingkar Studi Pers, Bogor — Tiga Mahasiswa dari Program Studi Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) yaitu Uswatun Khasanah, Nurul Assyifaturrohmah, dan Nazla Asyila Nadhifa dari Tim PRetty Puff Girls berhasil meraih Juara Dua Public Relations (PR) Campaign kategori mahasiswa dalam acara tahunan Lomba Komunikasi Tingkat Nasional FIKOMWEEK 5.0 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra Surabaya.

Dekan FISIP Unida, Ginung Pratidina menyampaikan rasa bangganya atas raihan prestasi mahasiswanya yang menjuarai posisi kedua pada perlombaan Komunikasi Nasional Mata Lomba PR Campaign. Hal ini sejalan dengan visi misi Unida yang menargetkan sebagai Universitas Unggul 2026.

"Alhamdulillah,  mahasiswa kami meraih prestasi lagi. Hal ini tentu saja menjadi suatu kebanggaan bagi FISIP sekaligus Unida. Terima kasih kepada tim yang telah berjuang di Kota Pahlawan dan kepada dosen pembimbing yang senantiasa membimbing sehingga mahasiswa-mahasiswanya dapat mengukir kembali prestasinya," katanya.

Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan FISIP, Irma Purnamasari, mengapresiasi raihan prestasi Tim Pretty Puff Girls karena proses yang diraihnya tidaklah mudah yakni harus melalui fase penyisihan dan final presentasi di Universitas Ciputra Surabaya. 

Irma berharap, mahasiswa yang berasal dari Program Studi Administrasi Publik maupun Sains Komunikasi dapat terus semangat belajar dan berdampak bagi masyarakat serta mengukir prestasi lebih dari hari ini.

FIKOMWEEK sendiri merupakan acara tahunan dengan berbagai lomba komunikasi skala nasional dengan kategori mahasiswa dan SMA/SMK. Adapun mata lombanya terdiri dari Public Relations (PR) Campaign, News Casting, Radio Announcer dan One Page Newspaper.

Perjuangan Mahasiswa Sains Komunikasi FISIP Unida untuk meraih prestasi di lomba ini tidaklah mudah. Sebulan sebelumnya mereka harus menyusun proposal dan bersaing dengan kampus lain. 

Kemudian, diumumkan lima finalis yang harus presentasi secara langsung di Surabaya dan di hadapan dewan juri.

Dalam final 5 besar ini Universitas Djuanda Bogor diunggulkan karena berhasil meloloskan 2 tim, salah satunya adalah Tim Srikandi yang beranggotakan Ina Dila Sabrina, Yesha Alfiani dan Nadya Melya Hidayat.

Rangkaian final lomba dimulai dari Senin sampai Jumat (11-15/12) yang diawali opening kegiatan, syuting untuk output PR Campaign, pitching atau presentasi, dan awarding.

Ketua Tim PRetty Puff Girls Uswatun Khasanah mengucapkan rasa syukurnya karena timnya mampu bertahan sampai di tahap terakhir dan bersaing dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai juara satu, Universitas Pembangungan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, dan Universitas Airlangga (UNAIR).

"Sangat bersyukur karena awalnya kami sempat tidak yakin bisa bersaing dengan kampus besar. Tetapi, karena kami punya dukungan dari dosen pembimbing dan teman-teman membuat kami tidak pantang menyerah dan semangat latihan," jelas Uswatun.

Hal serupa juga dirasakan oleh Nurul Assyifaturrohmah. Ia sangat bangga bisa melalui proses perlombaan yang panjang.

"Bangga dan terharu banget setelah melewati proses panjang persiapan untuk lomba PR Campaign FIKOMWEEK 5.0 di Universitas Ciputra Surabaya. Dengan perasaan gugup ketika sedang mengikuti rangkaian kegiatannya mulai dari syuting produk untuk output video, pitching hingga awarding. Alhamdulilah tim kami berhasil meraih juara 2," ucapnya.

Nazla Asyila menambahkan, dalam Lomba FIKOMWEEK 5.0 ini PRetty Puff Girls membuat proposal kampanye REHAT yang diharapkan dapat membangun kesadaran dan dukungan terhadap UMKM di Indonesia pada Gen Z dan Milenial.

"Kampanye kami bernama REHAT #RayakanHidupSehat, dimana kami mengajak Gen Z dan Milenial untuk beristirahat sejenak, melepas beban, dan merayakan kebahagian yang timbul dari pemilihan gaya hidup sehat. Kami menawarkan program festival untuk Gen Z dan Milenial supaya dapat merasakan jajanan sehat di bazzar UMKM kelor Jawa Timur dan merayakan kehidupan sehat, mengikuti fun run dengan komunitas lari di Surabaya," lanjut Nazla.

Kemenangan Tim PRetty Puff Girls menjadi prestasi keenam mahasiswa Sains Komunikasi di bidang ilmu komunikasi pada tahun 2023 ini. 

Sebelumnya Tim DreamUs berhasil meraih Juara 2 Lomba PR Campaign di Jambore PR Indonesia (JAMPIRO) 2023, Tim Trispektif meraih Juara 2 Lomba Jurnalistik di Pekan Komunikasi Universitas Indonesia, Siti Zulfa Fauziah meraih Juara 3 menulis opini di Universitas Sumatera Utara dan Juara 2 menulis feature di Universitas Sebelas Maret dan Kharisma Kharis Juara 1 Lomba Video Kreatif Regal Springs Tilapia.(**) 


Editor: Siti Zulfa Fauziah

Posting Komentar

0 Komentar