BEM FIPHAL UNIDA Gelar Seminar Nasional


Lingkar Studi Pers, Bogor (03/05) - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, mengadakan Seminar Nasional kewirausahaan dengan mengusung tema, "Strategi Menumbuhkan Mental Pengusaha Agar Tetap Survive di Tengah Pandemi COVID-19." Seminar ini dihadiri oleh 160 peserta, dilaksanakan secara virtual pada pukul 08.00 WIB.


Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan dari FIPHAL Festival (Fifest) 2021. "Kegiatan Fifest salah satunya webinar nasional pada hari ini, untuk memantik generasi muda yang mampu berwirausaha dikala situasi yang cukup sulit karena pandemi covid-19," ucap Ilham Febriansyah, selaku ketua pelaksana.


Dalam seminar ini dihadiri dua narasumber, yang pertama yakni Tiana Fitrilia S.Pd., M.Si. seorang dosen FIPHAL UNIDA. Ia memaparkan mengenai cara mencari ide dalam berbisnis. Ada 7 cara yang disampaikan, yaitu melakukan riset, sesuai dengan hobi, menawarkan solusi, ikuti perkembangan tren, amati, tiru, dan modifikasi. Tujuh cara ini harus diawali dengan niat. 

"Ketika sudah ada niat, langsung kerjakan. Tidak ada kata tapi atau nanti," ujarnya.


Narasumber kedua, yakni Kawendra Lukistian, S.E., M.Sn seorang juru bicara Sandiaga Uno dan Ketua Umum Generasi Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS). Ia menyampaikan mengenai lima kunci menjadi seorang pengusaha, yaitu harus berani berbeda, berani mengambil risiko, pantang malu, perluas _networking_, dan biasakan bahagia dalam berwirausaha. Ia mengatakan, "Jadi pengusaha harus seperti keran air, sehingga dapat memberikan banyak manfaat."


Adilla Nurfitriyana selaku panitia menuturkan, "Harapannya, webinar ini membuka wawasan untuk generasi muda dalam berwirausaha, menciptakan enterpreuner yang intelek dimana bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun dikala keadaan sulit untuk dapat melanjutkan usahanya." (Lia/Cae)

Posting Komentar

0 Komentar