Hompimpa Alayum Gambreng, Jadi Pesilat Tidak Boleh Cengeng!



Silat adalah seni beladiri tradisional yang berasal dari Kepulauan Nusantara. Dalam Kejuaraan Pencak Silat Paku Bumi Open V 2018 antar pelajar SD, SMP, SMA, dan Mahasiswa Tingkat Asia dan Eropa, Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor mengutus beberapa atlet silat terbaiknya.

Pada hari ke tiga puluh satu dibulan kemerdekaan yang bertempat di Padepokan Voli Sentul, lima atlet UNIDA memajukan dirinya pada lawan. Dari kelima atlet silat UNIDA tersebut, tiga diantaranya yakni Riki, Laila, dan Sulaeman, mengaku bahwa mereka merasakan perasaan tegang dan takut. Terlebih ini adalah pengalaman pertama mereka, kecuali Laila, seorang mahasiswi Fakultas Ekonomi Islam ini pernah mengikuti lomba bidang serupa sebelumnya. Namun Ia juga sempat merasa kalah jangkauan saat dihadapkan dengan lawan yang memiliki postur tubuh lebih darinya. "Berlatih 2 kali sepekan dalam sebulan itu kayaknya kurang," ungkap salah satu dari mereka.

Jantung berdegup kencang, pacuannya memburu seluruh bagian rongga dada hingga perut. Tapi mereka tidak gentar, karena dalam perlombaan yang menguji mental ini, para atlet silat UNIDA meyakinkan dirinya bahwa mereka adalah para pesilat tangguh! Mereka tetap bisa memusatkan fokusnya, mengingat kembali arahan-arahan dari pelatih selama masa pelatihan

Hingga tiba saatnya pengumuman pemenang, ungkapan syukur tak hentinya terucap seiring dengan buncah kebahagiaan. Perwakilan UNIDA berhasil memenangkan 4 medali perak dan 1 perunggu. Masing-masing dari mereka adalah Riki Hidayat mahasiswa Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIDA, Penti Multiana mahasiswi FKIP UNIDA, Adi Juardi mahasiswa Magister Ilmu Hukum Sekolah Pasca Sarjana, Laila Qomariah Matondang mahasiswi Fakultas Ekonomi Islam (FEI), dan M. Sulaeman Jazuli mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE). Mereka berhasil menoreh prestasi dikancah internasional.


Untuk kedepannya mereka berharap agar Pencak Silat UNIDA bisa lebih berkembang, terus mencetak altet yang dapat mengharumkan Citra Universitas. (Lath/Salwa)

Posting Komentar

0 Komentar