FIPHAL Adakan Pelatihan Pembuatan Sabun Halal dan Workshop Internet Marketing



Sabtu(3/03) - Mahasiswa jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP)  bersama Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (HIMATIP), Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda Bogor, mengadakan Pelatihan Pembuatan Sabun Halal Batch 2 serta workshop Internet Marketing.

Kedua acara tersebut dilaksanakan di tempat berbeda. Pelatihan pembuatan sabun halal diadakan di Laboratorium Kimia dengan  peserta 15 orang dari SLTA, sedangkan workshop diselenggarakan  di Ruang Fiphal C dan dihadiri  19 orang dari 25 kuota yang disediakan oleh panitia.

Trainer dalam workshop Internet Marketing adalah Endrianur Rahman Zain, STP, M.M. yang menjelaskan tentang bagaimana cara penjualan sebuah produk melalui internet, seperti media sosial dan toko online.

Endrianur menyampaikan bahwa kunci dalam berbisnis melalu media sosial adalah SADIS.“Jika kita ingin mencoba berbisinis melalui media sosial harus dengan metode  SADIS (SABAR DAN DISIPLIN) dan dengan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi)," katanya.

Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa untuk melakukan bisnis online kita harus terjun ke lapangan dengan melakukan riset terhadap kebutuhan pasar.

Tampak peserta yang hadir sangat antusias mendengarkan pemaparan materi perihal Internet Marketing. Hingga ada beberapa siswa yang tergiur untuk melakukan bisnis. Salah satunya Sahrul siswa kelas 12 dari salah satu SMK di Bogor mengatakan bahwa dia tertarik untuk berbisinis dan menyusun strategi dengan cara membuat blog untuk memasarkan produknya.

Arifin, selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan rasa bahagianya mengenai terlaksananya dua acara tersebut. "Alhamdulillah acara pelaksanaan pembuatan sabun dan workshop Internet Marketing berjalan sesuai rencana. Meskipun ada beberapa yang gak sempat hadir karena ada kegiatan mendadak yang gak bisa ditinggalkan," ujarnya.

Arifin juga mengaku senang melihat antusiasme peserta yang banyak mengajukan pertanyaan. "Pesertanya cukup antusias terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta seputar proses pembuatan sabun,  mulai dari fungsi bahan dari tiap-tiap bahan dan prosesnya," pungkasnya. (Dewi/Agung)

Posting Komentar

0 Komentar