Belajar Jurnalistik Bersama Beritautama.net



Bogor - PT MEDIA UTAMA ABADI, beritautama.net menggelar pelatihan jurnalistik dan fotografi, Senin (12/3/2018) di Hotel M-One Cibinong jalan Raya Jakarta Bogor. Pelatihan jurnalistik ini diikuti oleh setiap perwakilan mahasiswa dari universitas di Bogor, salah satunya Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) yang mewakili Universitas Djuanda.

Acara ini diadakan dengan tujuan agar mahasiswa memahami bagaimana melawan berita hoax, sesuai dengan tema acara ini "Mengenal Media Cyber Melawan Hoax Dengan Fakta." Peserta sangat fokus mendengar dan terlihat antusias sekali mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir. Serunya lagi, para peserta diberi kesempatan menulis berita tentang acara ini dan berita terbaik akan mendapatkan hadiah.

Endang Gunawan, koordinator liputan beritautama.net menjelaskan tentang dasar jurnalistik seperti apa itu jurnalistik, ruang lingkupnya, jenis berita, wartawan, bagaimana berita di media online, dan trik mewawancarai narasumber.
Ada pula Priyaso Hadi yang menjelaskan bgaimana pers dulu dengan sekarang, dan hukum menulis berita hoax.

Ada 3 pemateri lain yang juga menjelaskan mengenai jurnalistik, seperti Irawan mengenai bahaya penyebaran berita hoax. Antara Foto mengenai foto jurnalistik, dan Dedi Jumha yang menjelaskan mengenai ide kreatif, bagaimana cara menumbuhkan dan menjadi produktif dengan kreativitas.

Disela-sela kegiatan, Endang Gunawan memberikan tugas membuat berita kepada mahasiswa.
"Berita yang ditulis oleh mahasiswa akan dinilai dan peserta terbaik akan mendapatkan uang tunai, serta beritanya akan di post di beritautama.net." ucapnya.

Setelah para peserta memahami satu persatu dan ditambahkan dengan materi fotografi, selama 5 menit para peserta menyiapkan dan mengumpulkan hasil berita. Waktu yang ditunggu pun tiba saat pengumuman pemenang penulis terbaik jatuh kepada Frasasthi Ramashita dan Raisatul Jannah dari HIMAKOM, mereka berdua mendapatkan hadiah uang tunai. Selain itu, Azka Saidah dari HIMAKOM juga menjadi pemenang Dorprize sebuah dispenser. Tepat di akhir acara, Ratih Ferbriana mendapatkan sebuah sertifikat dari beritautama.net sebagai simbolis penyerahan pada acara itu. (Cindy/Zahrah)

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Hanya dengan 1 AKUN / ID anda dapat memainkan 8 jenis permainan secara langsung.
    P`0`K`E`R`V`1`T`A AGEN POKER ONLINE UANG ASLI BERBAGI CHIP SECARA CUMA CUMA SETIAP HARI . !!
    BONUS 10% NEW MEMBER
    BONUS TURN OVER 0,5%
    MINIMAL DEPOSIT HANYA 10.000

    Hubungi Kami :
    Contact Us Person :
    WA: 0812-2222-996
    BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus