𝗚𝗲𝗹𝗮𝗿 𝗔𝗸𝘀𝗶 𝗞𝗲𝗺𝗮𝗻𝘂𝘀𝗶𝗮𝗮𝗻, 𝗞𝗦𝗥 𝗨𝗡𝗜𝗗𝗔 𝗦𝗲𝗹𝗲𝗻𝗴𝗴𝗮𝗿𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗞𝗲𝗴𝗶𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗗𝗼𝗻𝗼𝗿 𝗗𝗮𝗿𝗮𝗵 𝗱𝗮𝗻 𝗖𝗲𝗸 𝗞𝗲𝘀𝗲𝗵𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗚𝗿𝗮𝘁𝗶𝘀

Lingkar Studi Pers, Bogor (29/11) — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, kembali menggelar kegiatan rutin donor darah dan cek kesehatan.


Kegiatan yang mengusung tema "Let's Donate Blood and Save Live," ini dilaksanakan pada Senin (28/11), pukul 08.00 WIB, di Gedung C UNIDA. Sasaran kegiatan ini merupakan mahasiswa dan masyarakat umum. 


Ketua Pelaksana, Asila Nasyadhiya Saniyya, menyebut, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan KSR sebagai bentuk kemanusiaan. Namun, yang membedakan dengan kegiatan sebelumnya, kali ini cek kesehatan tidak dipungut biaya alias gratis. 


"Pada kegiatan sebelumnya, KSR belum bekerja sama dengan PT Radian. Jadi, cek kesehatannya masih dipungut biaya," jelasnya. 


Adapun cek kesehatan kali ini meliputi cek kolestrol, asam urat, gula darah, fungsi ginjal, kepadatan tulang dan jantung. 


Pada pelaksanaannya, KSR UNIDA bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Bogor yang menurunkan 6 orang tenaga kesehatan (Nakes). 


Erika, selaku tenaga kesehatan UTD PMI Kabupaten Bogor, menuturkan, hasil donor darah akan disalurkan ke rumah sakit di wilayah Kabupaten Bogor mulai dari daerah Jonggol, Jasinga, Leuwiliang, Ciawi dan Cisarua. "Jadi tergantung permintaan dari rumah sakitnya, biasanya selalu habis," tuturnya. 


Peserta yang turut berpartisipasi berjumlah lebih dari 100 orang. Terdiri dari 69 orang pendonor darah dan sisanya melakukan cek kesehatan. 


Selain diwarnai antusiasme tinggi dari peserta, kegiatan ini banyak menuai tanggapan positif. 


"Selain untuk kesehatan, kegiatan ini juga baik untuk kegiatan sosial. Karena banyak orang yang tidak seberuntung kita, banyak orang yang membutuhkan darah di luaran sana," ujar Yusup Bahrul Ulum, peserta donor darah. 



(SZ/KK)

Posting Komentar

0 Komentar