Sinergi Faperta dan Mapala Dalam Aksi Lanjutan Hari Tani Nasional

CIAWI - Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Djuanda (Unida) Bogor mengadakan kegiatan Bazaar Produk Fakultas Pertanian dan Perlombaan di lapangan besar Unida sebagai aksi lanjutan dalam memperingati hari tani yang jatuh pada tanggal 24 September kemarin, pada Senin (08/10).

Seperti yang tertera, acara tersebut menjadi lanjutan dari aksi demonstrasi yang pernah dilakukan sebelumnya oleh mahasiswa Faperta di tugu macan Ciawi tepat saat peringatan hari tani berlangsung.


Peserta yang mengikuti bazaar tersebut seluruhnya berasal dari mahasiswa Faperta khususnya dari Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Faperta. Diantarnya Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (Himagrotek), Himpunan Mahasiswa Soisal Ekonomi Pertanian (Himasep), Himpunan Mahasiswa Perikanan Unida (Himarida), dan Himpunan Profesi Mahasiswa Peternakan (Himpromapet). Sekaligus yang mengadakan kegiatan bazaar produk pertanian dan rangkaian perlombaaan yang merupakan bentuk refleksi dari hari tani masional tersebut bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Faperta.
Bazaar ini juga sekaligus menjadi bentuk konstribusi bahwa BEM Faperta bukan hanya aksi semata, tapi memberikan solusi dalam dunia pertanian.

Sedangkan untuk perlombaan, agenda tersebut dibuka pendaftaran bagi seluruh mahasiswa Unida. Perlombaan terdiri dari lomba essay, puisi, dan parade.
Ketua BEM Faperta, Fakhri Muhamad menuturkan bahwa tujuan diadakannya acara Faperta kali ini yakni sebagai refleksi hari tani. Bazaar pertanian yang diadakan diharapkan dapat mengangkat para Ormawa Faperta untuk optimal dalam perekonomian pertanian, dengan memproduksi barang penjualan dari hasil pembelajaran selama masa perkuliahan yang kemudian diperjual belikan dalam bazaar.


"Diharpakan dengan diadakannya bazaar dan perlombaan ini, komunikasi dan sinergitas antara Ormawa di Faperta bisa berjalan dengan baik." Tutur Fakhri.
Ragam produk yang dijual dalam bazaar merupakan hasil kreativitas dari setiap Ormawa Faperta, mulai dari produk yang mentahan hingga produk siap konsumsi, juga memamerkan hewan peliharaan seperti ular, iguana, dan banyak lagi.

Dalam acara ini, perlombaan yang juga menjadi agenda di dalamnya merupakan salah satu kerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Djuanda. Fakhri menuturkan acara ini dapat membuat seluruh mahasiswa Unida dan masyarakat di sekitar Unida bisa mengingat adanya hari tani, juga membuat komunikasi antar Ormawa tetap berjalan.

"Diharapkan juga para mahasiswa dapat beresinergitas dalam segala elemennya pun sebagai motivasi bagi kita semua. Saya berharap mahasiswa Unida tidak takut untuk berkegiatan dan terus mencoba untuk meloyalitaskan diri dalam setiap organisasi." Tutup Fakhri. (Nenk/Aniq)


Posting Komentar

0 Komentar