FKIP Kunjungi Sekolah Islam Fitrah Al Fikri


DEPOK (16/01)-Mahasiswa Semester V Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Djuanda Bogor melakukan touring dan observasi  kelas dan lingkungan Al Fikri dalam rangka implementasi dari mata kuliah Pendidikan Inklusif  yang di bimbing oleh Dr. Rasmitadila, M.Pd.

Pendidikan Inklusi adalah suatu sistem layanan pendidikan bagi anak yang berkebutuhan khusus yang dapat dilayani disekolah terdekat, di kelas reguler bersama teman seusianya tanpa ada perbedaan kelas. Pendidikan ini diterapkan salah satunya di Sekolah Islam Fitrah (SIF) Al Fikri yag berlokasi di Jalan Raden Saleh, Depok.

Para mahasiswa mendapat sambutan hangst dari pihak sekolah. Acara diisi dengan perkenalan manajeman yang ada di SIF Al Fikri serta pemaparan tentang Pendidikan Inklusi dan Bimbingan Konseling Learning Support Centre (LSC) SIF Al Fikri oleh Agung.

"SIF AL FIKRI sudah berdiri selama 18 tahun dan semenjak dideklarasikannya sebagai sekolah inklusif, sekolah pun tak luput dari hambatan yang di alami. Namun solidnya semua civitas akademika yang terlibat di dalamnya membuat sekolah Al Fikri tetap eksis dan dijadikan sebagai salah satu sekolah yang menjadi rujukan bagi sekolah lain atau universitas untuk melakukan penelitian atau bimbingan terkait sekolah inklusif serta anak berkebutuhan khusus," jelas Agung.

Selain ada pemaparan singkat mengenai LSC, pihak Al Fikri pun memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkeliling melihat lingkungan sekolah. Tampak sarana dan prasana yang terdapat di sekolah tersebut sangat terpenuhi dan setiap kelas tampak nyaman. Belum lagi di Sekolah Al fikri terdapat kelas khusus mengembangkan soft skill atau pun hard skill peserta didik khusus Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Setelah puas berkeliling, acara diakhiri dengan MOU dari pihak Al Fikri dan pihak dari Universitas Djuanda untuk menjalin kerja sama apabila ada mahasiswa yang ingin melakukan penelitian di Sekolah Al Fikri ini. Jadi, mahasiswa yang tertarik untuk membahas Pendidikan Inklusi di dalam skripsinya bisa melakukan penelitian di sekolah ini. (DEWI)

Foto: Rival Fadillah

Posting Komentar

0 Komentar