Wujudkan Kedamaian Pilpres 2019, Tangkal Berita Hoax



Bogor - Demi menangkal berita hoax di masa Pilpres 2019 BEM KM UNIDA adakan Kuliah Umum pada Selasa (17/01) bertempat di Gedung C Universitas Djuanda Bogor. Kuliah umum yang diisi oleh  Irjen. Pol. Dr. Gatot Eddy Pramono M. Si dari Kasatgas Nusantara Polri Bogor mengusung tema  "Peran Pemuda dan Mahasiswa dalam Menangkal Berita Hoax Demi Terwujudnya Kedamaian dan Kesejukan Pilpres 2019".

Dalam penyampaian materi, Kasatgas Nusantara Polri Bogor tersebut menyampaikan,  penyebaran berita hoax paling banyak pada media sosial tertutup seperti line dan whatsapp yang kemudian viral ke sosial media yg terbuka.  Kurangnya pengetahuan masyarakat sehingga mudah percaya berita yang belum tentu kebenarannya.

"Beredarnya berita hoax menyebabkan kemarahan,  penghasutan,  kebencian,  bermusuhan",  ujarnya.

"Pemilu dapat dimanfaatkan oleh kelompok tertentu untuk mengubah negara ini ataupun negara lain yang tidak suka dengan negara kita",  tambahnya.

Sementara antusias peserta Kuliah Umum ini tak hanya datang dari mahasiswa Universitas Djuanda saja, melainkan dari masyarakat, pelajar dan juga perwakilan BEM se Bogor Raya.

M. Arifin selaku Presiden Mahasiswa UNIDA bertanggapan, apa yang disampaikan oleh Irjen. Pol. Dr. Gatot Eddy Pramono M. Si  sangat dibutuhkan oleh kampus.
"Akhir-akhir ini kita sering dihadapkan dengan berita-berita hoax yang mungkin sulit untuk kita menjustifikasi benar tidaknya berita tersebut, dan tadi telah dijelaskan oleh Pak Gatot ciri-ciri berita yang dikatakan hoax sehingga kita bisa menjustifikasinya", tuturnya.

M. Sulaiman Dzadzuli selaku ketua pelaksana berharap agar kuliah umun tersebut dapat mencerdaskan masyarakat. (Nenk/Anik/Widya).

Posting Komentar

0 Komentar